8 Saingan Baru Raspberry Pi

Saingan Baru Raspberry Pi ~ Komputer single-board Raspberry Pi sudah banyak dikenal orang, sebagian besar pemakai komputer mungil ini untuk belajar, termasuk perakitan dan pemahaman sederhana dari sebuah rangkaian komputer. Banyak tutorial dan aplikasi baru bermunculan hasil dari “bermain-main” dengan perangkat ini.

Hingga saat ini Raspberry Pi masih merupakan pilihan terbaik untuk terus mengembangkan proyek ataupun desain. Kemajuan yang luar biasa, membuat semua orang bisa bermain-main dalam perakitan perangkat komputer dengan biaya rendah.

Baca Juga :  Mengenal dasar, jenis dan bagian PCB (Printed Circuit Board)

Setelah kesuksesan Raspberry Pi, mulai bermunculan varian-varian baru dari produsen lain yang merupakan saingan baru Raspberry Pi.

Saingan Baru Raspberry Pi
Raspberry Pi

Saingan Baru Raspberry Pi

1. Orange Pi

Saingan Baru Raspberry Pi Orange Pi
Orange Pi

Persis seperti Raspberry Pi, termasuk performa, spesifikasi maupun harganya. Namun masih memiliki perbedaan pada perangkat kerasnya, pada Orange Pi memiliki kapasitas sedikit lebih tinggi, juga pada port SATA, Gigabit Ethernet, mic built-in dan port komunikasi Infra Red.

Dengan dukungan prosesor CPU Four Quad-core H5 Cortex-A53, membuat Orange Pi memiliki kinerja lebih baik. Kemampuan prosesor yang dapat menjalankan distribusi Android, Ubuntu, Debian dan Linux.

Orange Pi memiliki memori internal sebesar 16GB, dengan kemampuan video hingga 4K, dan SDRAM 1GB. Kekurangannya adalah Orange Pi, belum terlalu dikenal seperti layaknya Raspberry Pi.

2. Rock64, Komputer Board buatan Pine64

Saingan Baru Raspberry Pi Rock 64
Rock 64

Rock64 dirancang untuk menjadi pesaing baru Raspberry Pi. Rock64 versi 2 dijual kisaran $35, kurang lebih seharga dengan Pi 3. Perbedaannya adalah, pada Rock64 digunakan prosesor quad-core Rockchip 1,5-GHz RK3328, memiliki dua buah RAM, tersedia soket untuk bootable tambahan, memori eMMC, secara garis besar, fiturnya melebihi Raspberry Pi.

Rock64 juga tersedia port Gigabit Ethernet, port USB 3.0 dan juga dua port USB 2.0, serta output video, output HDMI 4K 60FPS.

Kekurangan dari Orange Pi adalah membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk dimasukkan pada slot power konektor jack +5V dan 3A, tidak tersedia WiFi, Bluetooth dan micro USB.

3. Banana Pi

Saingan Baru Raspberry Pi Banana Pi
Banana Pi

Meskipun disebut sebagai kloningan dari Raspberry Pi, namun tetap ada perbedaannya, terutama pada chip networknya yang terpisah karena kurang memiliki beban komputasi pada sumber daya utama, kemudian pada port SATA dan mikropon pada board serta port kamera.

Masalah harga, sebanding dengan Raspberry Pi.

4. Nano Pi NEO Plus2 buatan FriendlyArm

Saingan Baru Raspberry Pi Nano Pi NEO Plus2
Nano Pi NEO Plus2

Nano Pi adalah saingan baru Raspberry Pi, namun pesaing berukuran setengah, meskipun setengah tapi bukan setengah kinerjanya. Plus2 menggunakan prosesor Allwinner H5 quad-core 64-bit Cortex A53, tersedia port Gigabit Ethernet, WiFi dan Bluetooth, sementara memori onboard eMMC sebesar 8GB, slot MicroSD, RAM DDR3 1GB serta dua port USB 2.0.

Apa yang lebih dari Nano Pi Plus2 dibanding Raspberry Pi? yaitu tersedianya slot HDMI dan audio. Perangkat ini dijual dengan harga skitar $25.

5. ASUS Tinker

Saingan Baru Raspberry Pi ASUS Tinker
ASUS Tinker

Dibuat oleh Rockchip RK3288 dan ARM berbasis ASUS yang meberikan fitur menarik. Dilengkapi dengan koneksi Gigabit Ethernet, Bluetooth 4.0, WiFi 802.11 b/g/n, empat port USB 2.0, port output HDMI 4K, HD 192L/24bit port audio serta koneksi CSI MIPI dan DSI MIPI untuk semua perangkat.

Sistem operasi tersemat OS Debian yang disandingkan dengan perangkat lunak KODI. Kesimpulannya adalah ASUS Tingker memiliki banyak kelebihan daripada Raspberry Pi, termasuk harganya, yaitu $60.

6. Espressobin

Saingan Baru Raspberry Pi Espressobin
Espressobin

Untuk harga lebih mahal disbanding Pi 3 ($50), Espressobin menggunakan prosesor Marvell 64bit. Dengan swith network Topaz tersedia tiga port Ethernet dan konektor SATA.

Juga tersedia konektor USB 3.0, USB 2.0, port miniPCIe. namun tidak tersedia port audio dan WiFi/Bluetooth.

7. LattePanda

Saingan Baru Raspberry Pi LattePanda
LattePanda

LattePanda menggunakan prosesor quad-core Intel “Charry Trail” Z8350 yang bertenaga tinggi, namun dengan harga yang tinggi pula ($209).

Berjalan dengan windows 10, LattePanda memiliki banyak fitur, fullHD, kontrol geral 3D, pemotretan real time 3D, smart mobile, dll. Selain itu LattePanda memiliki prosesor co-prosesor Arduino, yang mendukung banyak ide pengaplikasian.

8. ODROID-XU4

Saingan Baru Raspberry Pi ODROID-XU4
ODROID-XU4

Kinerjanya yang berlipat dari kemampuan Raspberry Pi 3, menggunakan prosesor 2-GHz quad-core, RAM 2GB LPDDR3, konektor USB 3.0, port eMMC 5.0, port Gigabit Ethernet dan beberapa fitu yang disematkan pada Raspberry Pi.

OS berbasis komunitas, dengan Ubuntu 15.04, OpenGL ES, Open CL dan Android 4.4.5 / 5.1 pada kernel LTS 3.10 yang sudah mendukung.

Sementara inilah saingan baru Raspberry Pi yang terkuat.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *