AC Tidak Bisa Dingin Dan Kedap Kedip

Diposting pada

AC tidak bisa dingin? Jangan buru-buru beli yang baru! Indonesia adalah sebuah Negara tropis yang memiliki suhu yang cukup panas. Tidak heran jika kebanyakan masyarakat Indonesia membutuhkan sebuah alat untuk mendinginkan ruangan agar suasana rumah yang di tempati atau ruangan kerja menjadi lebih nyaman.

Cara Memperbaiki AC Tidak Bisa Dingin

Ada beberapa alat untuk membantu anda mendinginkan ruangan seperti AC untuk menjaga suhu ruangan agar tetap dingin. AC biasa di gunakan untuk rumah-rumah, penginapan, perkantoran, tempat perbelanjaan dan lain-lain.

Sama seperti perangkat elektronika pada umumnya, AC juga dapat mengalami kerusakan. Ada banyak jenis kerusakan yang biasa dialami oleh AC. Dan kerusakan tersebut menyebabkan AC tidak dapat mendinginkan ruangan. Tentunya anda akan bertanya-tanya apa penyebab kerusakan pada AC anda. Pada umumnya untuk sebuah AC keluaran terbaru selalu dilengkapi dengan LED atau lampu indikator. Melalui lampu indikator tersebut kita dapat mengetahui apakah AC dapat berfungsi dengan normal atau AC mengalami kerusakan.

AC tidak bisa dingin adalah AC yang bermasalah, biasanya ditandai dengan lampu indikator yang berkedip-kedip. Lampu indikator yang berkedip biasanya disertai dengan kondisi AC yang menjadi tidak dingin lagi. Ada dua hal yang dapat menjadi penyebab mengapa lampu indikator AC berkedip, seperti masalah Freon, dan ada kemungkinan karena komponen elektronika pada AC yaitu termistor. Merek apa pun AC, pasti dilengkapi dengan Freon dan termistor.

Penyebab pertama lampu berkedip adalah karena tekanan Freon yang kurang. Masalah seperti ini kerap terjadi pada AC jenis inverter. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, anda hanya perlu untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan secara berkala. Bersihkan AC anda dari debu dan kotoran yang menempel. Dan apabila memang Freon pada AC anda sudah mulai habis, anda dapat melakukan isi ulang untuk menambah freon Freondi butuh kan pada AC anda. Dan kurangnya tekanan Freon juga dapat disebabkan karena kebocoran, meskipun hal tersebut jarang terjadi pada AC.

Lampu indikator pada AC berkedip juga dapat disebabkan oleh komponen termistor yang rusak. Termistor adalah komponen yang sangat berpengaruh terhadap kinerja yang di hasilkan AC secara keseluruhan. Dan cara mengatasi termistor yang rusak adalah dengan membongkar AC, dan menemukan komponen termistor pada rangkaian modul.  Dan jika sudah di temukan, anda dapat memeriksanya dengan menggunakan multimeter. Dan apabila kerusakan di sebabkan oleh termistor, anda dapat melepasnya dan menggantinya dengan yang baru.

Dan sebaiknya anda juga melakukan pemeriksaan pada komponen lain, karena kemungkinan ada kerusakan lain pada AC anda seperti elco atau motor fan yang rusak. Dengan penjelasan di atas, anda telah mengetahui penyebab dan cara mengatasi permasalahan pada AC tidak bisa dingin di rumah serta di ruang kerja anda di kantor. Dan ada beberapa kemungkinan yang harus anda ketahui pada AC yang rusak. Selamat mencoba.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.