Alat- alat kerja untuk pekerjaan instalasi tubing

Alat- alat kerja untuk pekerjaan instalasi tubing. 

   Dalam artikel ini saya akan membahas satu persatu alat-alat untuk pekerjaan tubing.

   Banyak brand atau merk sebagai produsen alat-alat yang diperlukan pada pekerjaan instalasi tubing, begitupun dengan bentuk dan kapasitasnya btersedia dalm berbagai model dan ukuran.

Pada dasarnya pekerjaan tubing membutuhkan alat-alat pendukung sebagai berikut:

Alat- alat kerja untuk pekerjaan tubing

1. Tube Cutter (alat pemotong tubing)

  Sebenarnya alat pemotong tubing bisa menggunakan gergaji (hacksaw) tapi gergaji tentunya bukanlah peralatan standard khusus untuk pekerjaan pemotongan tubing. Maka digunakanlah tubing cutter yang merupakan alat yang khusus dirancang untuk melakukan pekerjaan pemotongan pipa.

   Tapi yang terpenting dan perlu diperhatikan dalam pekerjaan pemotongan tubing adalah memastikan kotoran bekas pemotongan tidak masuk kedalam tubing itu sendiri.

Cara menggunakan tube cutter adalah sebagai berikut:

  Masukkan tubing kedalam roller dan cutting whell, kuatkan knop untuk menyesuaikan dengan diameter tubing yang di potong.

   Bila roda pemotong ditukar dengan roda penekan yang tumpul, maka fungsi tubing cutter berubah menjadi memperkecil ujung diameter tubing, sehingga diperlukan dalam penyambungan tubing karena ujung yang mengecil bisa dimasukkan kedalam tubing diameter yang masih standar.

Alat- alat kerja untuk pekerjaan tubing

2. Tube Benders (penekuk tubing),

  Dari namanya tubing benders adalah salah satu alat yang berguna untuk membentuk sebuah tubing sesuai keinginan. Faktor yang perlu diperhatikan dalam pemakaian tube benders adalah ketebalan dinding tubingnya sendiri.

Cara kerja alat penekuk tubing ( tube benders) adalah sebagai berikut:

   Masukkan tubing ke tempatnya yaitu diantara dua blok penjepit , sementara bagian tubing yang longgar di pegang oleh dua bagian yang diam.

Baca Juga :  Sensor Modul Salwico SM13/11, cara kerja, Data Teknis, Setting Address dan Koneksi
Proses melenturkan tubing dengan memberi tekanan mekanik agar mendorong tubing yang diam tadi hingga sesuai sudut yang diinginkan.

Karena metode pembengkokan dari sebuah alat tube benders bermacam –macam , jadi penjelasan saya hanya mendasar saja seperti diatas.

3. Flaring & swaging,

    Fungsi dan guna flaring intinya adalah untuk mengembangkan ujung tubing agar dapat disambungkn dengan sambungan berulir.
    Sementara fungsi dan guna swaging adalah untuk membesarkan ujung tubing yang sama diameternya dapat disambung dengan solder timah, las perak, las tembaga.



Baca Juga :  Cara menghitung arus, volume dan tekanan air

Cara kerja dan cara penggunaan flaring adalah:

1. Kendurkan mur kupu serta buka blok penjepit maka pipa siap untuk di cengkram, sesuaikan diameter pipa dengan blok penjepit

2. Jepit pipa yang akan di flaring pada blok dengan ukuran ketinggian 2-3 mm di atas permukaan blok penjepit dan kencangkan mur kupu-kupu blok

3. Letakan mata flaring tepat di tengah diameter pipa, putar tangkai penekan searah jarum jam perlahan-lahan, lakukan hingga pipa melebar dan kemiringan pipa sampai menyentuh kemiringan blok penjepit.

Alat- alat kerja untuk pekerjaan tubing

Cara kerja dan cara penggunaan swaging adalah:

   Sebelum penyambungan tubing dilakukan pastikan sambungan tersebut tidak terdapat kebocoran baik pada sambungan manual ataupun sambungan dengan menggunakan mesin las, jika sambungan dengan menggunakan flaring tidak di kencangkan dengan kuat pada nepel-nepelnya maka otomatis akan terjadi kebocoran dan juga pada saat pengelasan pipa yang sudah di swaging pastikan kawat las (perak) tembaga sudah menyatu dengan tubing-tubing tersebut.

4. Wrench ( Kunci dan lain lain/ alat bantu)

   Wrench dan lain-lain adalah alat bantu yang cukup penting juga dalam pengerjaan pekerjaan tubing. Beberapa ukuran wrench sangat diperlukan dalam pekerjaan tubing terutama untuk menguatkan sambungan ulir dan support-supprt.
   Demikian pembahasan artikel alat- alat kerja untuk pekerjaan tubing, semoga bisa membantu untuk mempersiapkan alat-alat kerja yang diperlukan sebelum memulai pekerjaan instalasi tubing.

Alat- alat kerja untuk pekerjaan tubing
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *