Alat pemisah minyak dan air / OWS

Memahami alat pemisah minyak dan air

Alat pemisah minyak dan air dalam bahasa Inggris-nya Oily Water Separator yang disingkat OWS merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai pemisah antara minyak dan air. Istilah OWS biasa dipakai untuk sistem di bidang perkapalan. Lalu bagaimana cara kerja alat pemisah minyak dan air ?

Sebenarnya OWS sama fungsinya seperti “Oil Trap” yang sama sama bertugas memisahkan minyak dan air dimana istilah “oil trap” tersebut akrab di pakai di industri atau bangunan gedung di area daratan.
Jadi OWS dapat diartikan sebagai alat pengolah air limbah umum dengan mengurangi atau-pun meniadakan zat minyak dari air tersebut.
Alat pemisah minyak dan air
Alat pemisah minyak dan air
Ini sangat penting digunakan terutama untuk kapal karena bagaimanapun mau tidak mau air tersebut dibuang ke laut.
Sementara sesuai kesepakatan internasional di bawah konvensi MARPOL, sebagai perlindungan alam kapal harus dilengkapi alat pemisah minyak untuk menghilangkan kontaminan sebelum di buang ke laut tentunya pelanggaran akan hal tersebut akan berakibat penuntutan pidana sesuai pasal pasal MARPOL ke pihak kapal.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kapal merupakan penghasil limbah minyak dalam skala menengah atas, bilge air yang dihasilkan di area peralatan kapal seperti ruang mesin, ruang pompa dan lain – lain. Akan menghasilkan limbah dengan kandungan minyak yang besar. Dan hal ini tentunya tidak layak untuk langsung dibuang ke laut.
Sejak tahun 70-an peralatan pemisah minyak dan air ini sudah digunakan, meskipun belum se-canggih dan se-efektif peralatan pemisah minyak dan air di jaman sekarang.

Cara kerja OWS

Ada beberapa cara secara sistem cara kerja dari OWS misalnya:

  1. Dengan menggunakan Hukum Stoke, yaitu efek gravitasi dimana berat jenis suatu zat akan berbeda dengan zat lain. Air memiliki berat jenis yang lebih dari minyak, jadi minyak akan mengambang di permukaan atau diatas air jika kedua zat itu dicampurkan.
  2. Dengan metode yang lain semisal metode kimia Oksida Air Wet Zimro Proses, Filtrasi, Senfiltrasi, Adsorpsi pada butiran karbon aktif, Pemanasan / heating, Energi ultrasonic, Elektro-koagulasi.

Kandungan minyak dalam air dapat berupa minyak murni, minyak emulsi, dispersi kimia stabil/molekul bebas. Dapat juga berupa minyak padat/ lumpur/ minyak ter-suspensi.

Alat pemisah minyak dan air dapat berupa bak, tangki dalam tanah ( untuk di darat/ gedung/ workshop/ industri), sementara untuk kapal tentunya alat yang onboard.

Bahan alat pemisah minyak dan air biasa memakai beton, baja, stainless steel ataupun GRP.

Produsen OWS

Beberapa produsen alat pemisah minyak dan air misalnya:

  1. Marcer International (USA).
  2. San Dizier Environment ( Perancis).
  3. Conder Environmetal Solution ( Inggris).
  4. Sulzer Chemtec ( Swiss) dan lain – lain.

Tingkatan kelas dalam jenis OWS atau alat pemisah minyak dan air adalah:

  • Kelas 1 yaitu yang menghasilkan maksimal 5 ppm (part per million) dalam hasil produksi air.
  • Kelas 2 yaitu yang menghasilkan maksimal 100 ppm 9part per million dalam hasil produksi air.
Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *