Anemometer, Fungsi, Kegunaan dan Cara PemakaianAbi Blog

Pengertian Anemometer dan Cara Pemakaian Anemometer

Anemometer merupakan salah satu alat ukur kecepatan angin dan arah angin yang biasanya dipakai oleh balai cuaca, seperti Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Alat ini sendiri mempunyai dua jenis, antara lain jenis yang dipakai untuk mengukur kecepatan angin (velocity) dan jenis yang dipakai untuk mengukur tekanan angin. Dari keduanya, biasanya lebih sering digunakan adalah velocity anemometer.

Velocity anemometer sendiri ada lagi jenisnya, tapi yang lebih dikenal yaitu jenis thermal anemometer. Thermal anemometer yang juga disebut sebagai hot wire anemometer yang berfungsi untuk mengkonversi perubahan suhu yang terjadi menjadi kecepatan angin.

Tapi sekarang ini anemometer modern sudah dirancang untuk dapat dipakai beberapa fungsi tersebut, sehingga anda hanya perlu memakai satu jenis anemomter yang sudah memiliki semua kinerja yang dibutuhkan.

Cara pemakaiannya sendiri dapat anda lakukan dengan cara menempatkannya di tempat yang terbuka, karena supaya bisa mengukur angin dengan baik perlu tempat terbuka.

Jangan anda tempatkan di ruang tertutup yang tidak ada angin sama sekali, sehingga akan percuma menempatkan anemometer di tempat yang tertutup.

Baca Juga :  Proses Sistem Instrumentasi

Nah, saat angin mulai berhembus maka baling-baling yang sisinya berbentuk mangkuk pada anemometer akan bergerak sesuai arak datangnya angin.

Apabila kecepatan angin yang menghembus baling-baling mangkuk semakin kencang, maka anda akan melihat baling-baling mangkung didalamnya berputar semakin cepat. Dengan begitu, anda dapat mengetahui kecepatan angin dari jumlah putaran baling-baling mangkuk setiap detiknya.

Dalam alat pengukur kecepatan angin ini sendiri sudah ada alat pencacah yang secara otomatis akan menghitung kecepatan angin, sehingga anda dapat langsung melihatnya.

Anemometer

Anemometer

Fungsi dan Kegunaan

Selain mempunyai fungsi untuk mengukur kecepatan angin, masih punya kegunaan lain yang tidak kalah penting. Beberapa kegunaan lain yang perlu anda ketahui, antara lain :

  • Mengukur kecepatan angin seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Memperkirakan cuaca. Dengan mendeteksi kecepatan angin dan tekanan angin, cuaca saat itu akan dapat diperkirakan.
  • Memperkirakan tingginya gelombang laut. Angin sangat berhungan dengan gelombang laut. Semakin tinggi kecepatan angin maka dapat diperkirakan bahwa gelombang laut sedang tinggi.
  • Memperkirakan kecepatan dan arah arus. Seperti penjelasan kegunaan sebelumnya, bahwa angin itu sangat berhubungan dengan keadaan laut. Jika anda mengetahui kondisi angin dengan anemometer, anda juga bisa memperkirakan kecepatan dan arah arus laut.
Baca Juga :  Kalibrasi Defferential Pressure Transmitter

Untuk mengetahui kegunaan itu semua, anda dapat mencobanya langsung. Sekarang ini alat ini mudah untuk anda didapatkan.

Secara umum alat ini biasanya dijual dalam dua jenis tampilan, yaitu jenis dengan tampilan digital dan jenis dengan tampilan analog.

Cara Pemakaian

Cara pemakaiannya juga cukup mudah, anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Tekanlah tombol ON atau OFF agar semua item dapat muncul pada layar
  • Jika tombol ON sudah ditekan maka akan muncul bebrapa mode yang diperlukan.
  • Apabila anda ingin melihat hasil ukurannya, tekan saja HOLD maka akan segera tampil pada layar
  • Jangan lupa catat hasil pengukuran agar tidak lupa

Nah itu tadi sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang seluk beluk anemomter dan cara penggunaannya. Anda akan lebih paham jika langsung mencoba pada jenis alat ini yang tersedia.

Baca Juga :  Tentang Orifice, Nozzle dan Meter Aliran Venturi (Flow Rate Venturi)

Alat ini sangat simple tapi banyak kegunaannya apalagi mengetahui kondisi angin. Semoga setelah membaca artikel ini, anda akan lebih paham tentang anemometer.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *