Apa perbedaan antara psi , psia dan psig ?

Apa perbedaan antara psi psia dan psig ?

Perbedaan antara psi psia dan psig adalah antara lain sebagai berikut:

  1. psia adalah ‘pound per inch absolut’, yang mencakup tekanan atmosfer. psia berarti tekanan absolut dan psig berarti tekanan gauge.
  2. psig adalah bacaan yang dapat di baca pada alat ukur dan tekanan atmosfer (14,7 psi ) atau kurang, tekanan diferensial ditunjukkan antara tekanan luar dengan tekanan diukur  psig (pound -force per square inch) adalah satuan tekanan relatif terhadap tekanan atmosfer di permukaan laut . Sebaliknya , langkah-langkah tekanan psi relatif terhadap vakum (seperti yang terjadi di dalam ruang ). Kebanyakan alat pengukur tekanan , seperti alat pengukur ban , dikalibrasi untuk membaca nol di level permukaan laut , karena sebagian besar aplikasi memerlukan perbedaan tekanan.
  3. psi adalah ‘pound per inch’ persegi dan adalah tepat untuk menggunakan ini ketika seseorang berbicara tentang perbedaan tekanan. psi adalah unit tekanan dan itu berarti jumlah gaya pound yang diberikan pada inci persegi erea dan sebenarnya itu adalah sinopsis pound force per inch persegi.
perbedaan antara psi psia dan psig
Perbedaan antara psi  psia dan psig

Itulah perbedaan antara psi psia dan psig. Ada dua jenis tekanan yang berhubungan:

  • Tekanan gauge dan
  • Tekanan absolut.

Ketika membandingkan besarnya tekanan dengan tekanan ambient sebenarnya itu adalah tekanan gauge. Ketika dikatakan itu tanpa hubungan dengan ambient (tekanan atmospheric ) itu adalah tekanan absolut .

Saat ini lebih banyak digunakan satuan tekanan Pa , hPa dan Bar

Apakah psig dan psi itu sama ?

Jawabannya jelas Tidak ! diatas telah dijelaskan perbedaan antara psi , psia dan psig

Psig (pound force per square inch) adalah satuan tekanan relatif terhadap tekanan atmosfer di permukaan laut .

Sebaliknya psia adalah tekanan relatif terhadap vakum (seperti yang terjadi di ruang ). Kebanyakan alat pengukur tekanan , seperti alat pengukur ban , di kalibrasi untuk membaca nol di permukaan laut, karena sebagian besar aplikasi memerlukan perbedaan tekanan .

Pada permukaan laut , atmosfer bumi memberikan sebuah tekanan 14,695948804 psi . Manusia tidak merasakan tekanan ini karena tekanan internal cairan dalam tubuh mereka sesuai dengan tekanan eksternal .

Jika pengukur tekanan di kalibrasi untuk membaca nol di ruang angkasa , maka di permukaan laut di Bumi akan membaca 14,695948804 psi . Dengan demikian pembacaan 30 psig pada alat pengukur ban, merupakan tekanan absolut dari 44,695948804 psi.

Demikian dengan dasar penjelasan diatas maka terjawab pertanyaan apakah perbedaan antara psi psia dan psig ?

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *