Apakah Arduino Microcontroller, pemahaman dasarAbi Blog

Apakah Arduino Microcontroller, pemahaman dasar

Apakah Arduino?

Akhir-akhir ini banyak sekali teknologi baru yang mewarnai industri elektronika kita, salah satu teknologi yang banyak membuat orang bertanya-tanya adalah Arduino Microcontroller. Nah, apakah Anda tahu apakah Arduino ?

Teknologi Arduino ini tidak hanya berkaitan dengan elektronika, akan tetapi erat kaitannya dengan pemrograman dan robotik. Agar Anda tidak terus bertanya-tanya dan semakin penasaran, kami akan mengulas tentang Arduino  lebih detail pada bahasan kali ini.

Baca Juga :  5 Teknologi Canggih dan Modern yang Bisa Mengubah Hidup Anda
Apakah Arduino Microcontroller
Apakah Arduino Microcontroller

Alat bernama Arduino ini merupakan sebuah pengendali yang bersifat open source atau terbuka dan memiliki mikro board tunggal,alat ini merupakan turunan dari sebuah platform berbasis Wiring.

Alat pengendali yang terdiri dari prosesor Atmel AVR ini, sengaja dirancang untuk memudahkan pembuatan pengendali atau mikrokontroler di berbagai bidang elektronik. Hardware Arduino memiliki bahasa pemrograman Synta yang menyerupai bahasa pemrograman pada C.

Karena sifatnya open source, maka siapapun bisa dengan mudah mempelajari, mengunduh, dan bahkan mengembangkannya pada aplikasi-aplikasi elektronika. Perangkat Arduino ini masih termasuk keluarga mikrokontroler ATMega yang dibuat oleh Atmel.

Banyak akhir-akhir ini perusahaan lain membuat kloningan dari teknologi Arduino dengan jenis mikrokontrol lainnya. Mulai dari pemula hingga professional lebih memilih menggunakan Arduino karena dianggap lebih mudah dan user friendly.

Meskipun seiring perkembangan waktu banyak juga alat serupa yang memiliki kelebihan dengan harga bersaing. Namun, sampai saat ini produk Arduino tetap menjadi hardware pengendali favorit.

Apakah Fungsi Arduino Microcontroller

Secara umum perangkat Arduino ini berfungsi untuk mempermudah pembuatan berbagai bidang elektronik, agar lebih terjangkau, praktis, dan mudah. Contohnya, pada pembuatan aplikasi traffict LED, running LED, mobile robot, dan lain sebagainya.

Apakah kelebihan Arduino Microcontroller jika dibandingkan dengan alat pengendali mikro yang lain, diantaranya:

1. Harga yang Terjangkau

Harganya Arduino relatif murah jika dibandingkan yang lain, selain harga terjangkau hardware Arduino ini tidak memerlukan chip tambahan.

2. Pemrograman yang User Friendly

Karena Arduino bersifat open source maka pengguna lebih bebas mengembangkannya, selain itu hardware ini pengoperasiannya mudah dan sederhana serta tidak membutuhkan hardware lain untuk chip.

3. Koneksi Flexibel dan Praktis

Selain tak membutuhkan hardware tambahan dan konektor USB, Arduino juga dengan mudah bisa langsung Anda koneksikan dengan modul-modul lain seperti GPS atau ethernet.

Itulah beberapa informasi tentang definisi, fungsi, dan kelebihan perangkat keras alat pengendali bernama Arduino yang saat ini banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi elektronika. Untuk menjawab pertanyaan apakah Arduino Microcontroller.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *