Apakah DSP itu? dan bagian-bagian DSP (Digital Signal Processor)

Apakah DSP itu?

DSP adalah kependekan dari Digital Signal Processor yaitu yang berfungsi menerima signal dari luar seperti signal suara, video, suhu, tekanan maupun posisi yang telah dirubah menjadi signal digital dan melakukan perhitungan / proses matematik terhadap signal tersebut.

Jadi DSP adalah berguna dalam melakukan fungsi matematik seperti “ menambahkan”, “ pengurangan”, dan “mengembangkan” serta “ membagikan” dengan proses yang sangat cepat.

Baca Juga :  Hati-Hati Banyak Powerbank Palsu, Baca Tips Ini Sebelum Membeli

Sinyal yang masuk membutuhkan proses sehingga dapat ditampilkan, dianalisa atau dikonversi ke jenis lain dari sinyal yang akan dapat digunakan/diperlukan. Dalam sehari-hari, produk analog mendeteksi sinyal seperti suara, cahaya, suhu, tekanan  dan memanipulasinya.

Konverter DSP mengambil alih dalam menangkap sinyal informasi digital dan memrosesnya. Kemudian, informasi digital tersebut kembali digunakan di dunia nyata. Ini salah satu cara , baik digital maupun analog dengan menggunakan konverter Digital – to – Analog. Tentunya pada kecepatan yang sangat tinggi.

Baca Juga :  Prinsip kerja, jenis dan pengetahuan dasar sensor pengukur tekanan

Lihat diagram di bawah yang menunjukkan bagaimana DSP yang digunakan dalam memutara file audio MP3.

Apakah DSP itu?
Apakah DSP itu?

Dalam fase rekaman, audio yang masih berbentuk analog dari sumber suara diubah menjadi sinyal digital oleh konverter Analog-to-Digital dan di masukkan untuk diproses di DSP. Di dalam DSP dilakukan proses encoding MP3 dan menyimpan file di dalam memori.

Dalam fase pemutaran, file yang tersimpan dalam memori tersebut diambil dari memori penyimpan digital da diproses di dalam DSP kembali untuk dikonversikan ke bentuk analog ( Digital-to-Analog), sehingga sinyal yang tadinya berupa sinyal digital menjadi sinyal yang dapat digunakan langsung, misalnya: suara, video, dll.

Sementara pada sistem komputer, DSP mengontrol sistem keamanan, telepon, home teater dan aplikasi kompresi video. Sinyal yang telah ter-kompres memungkinkan transfer data atau dikirimkan dengan lebih cepat.

Sinyal digital dapat dimanipulasi untuk meningkatkan kualitas atau menambahkan informasi yang tidak bisa dilihat oleh manusia. DSP dapat digunakan juga di berbagai aplikasi.

Apa saja bagian-bagian DSP

Komponen utama DSP terdiri dari:

  1. Program Memory yang berfungsiuntuk menyimpan program yang digunakan untuk mengolah data.
  2. Data Memory yang berfungsi untuk menyimpan informasi untuk di proses.
  3. Compute Engine yang berfungsi untuk melakukan perhitungan/pengolahan matematik, dan data dari Data Memory.
  4. Input/Output yang berfungsi melayani berbagai fungsi untuk terhubung dengan dunia nyata.mengakses program dari program memori.
Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *