Apakah petir dan akibat yang ditimbulkan petir

Diposting pada

Pengertian petir

    Petir adalah suatu fenomena alam yang merupakan hasil suatu proses elektro statis yang terjadi di awan akibat adanya medan listrik yang sangat besar pada daerah muatan positif dan pada muatan negatif.
    Dalam keadaan normal, udara mengandung ion ion positif dan negatif yang terdistribusi secara acak/ random.
    Pada saat akan terjadi petir, ion ion di udara yang tadinya terdistribusi secara acak/random dan membentuk muatan yang netral akan terpisah, muatan negatif berada di lapisan bawah dan muatan positif berada pada lapisan atas. Dengan adanya muatan negatif pada lapisan bawah, maka di permukaan bumi terinduksi muatan positif dan terbentuk medan listrik antara awan dan permukaan bumi.
Apakah petir dan akibat yang ditimbulkan petir
Baca Juga :  Prinsip Kerja Dinamo Listrik
    Bila medan listrik tersebut melebihi kekuatan medan tembus udara, maka terjadilah pelepasan muatan (discharge) dan terjadilah kilat/petir.
    Medan listrik atmosphere besarnya 100 Y/M dalam keadaan cuaca normal.
Jika terjadi sambaran petir, besarnya medan listrik bisa mencapai 15 s/d 20 KV/M.
    Dari hasil pengamatan sambaran, petir terdiri dari beberapa sambaran dengan tahapan sebagai berikut:

  1. PILOT STREAMER, yaitu sambaran yang menentukan arah perambatan muatan dari awan ke udara yang ionisasinya rendah. Kecepatan dari sambaran kurang lebih 50.000 km/dtk, pilot streamer akan bertemu dengan muatan positif dari bumi, dimana titik pertemuan ini di sebut sebagai POINT OF STRIKE.
  2. Smbaran kedua terjadi pada titik yang sama dengan mengikuti arah sambaran pertama (pilot streamer). Proses dari sambaran petir ini berlangsung terus menerus hingga mencapai belasan meter bahkan beberapa meter dari atas tanah.
  3. Pertemuan sambaran yang lebih besar dapat terjadi karena adanya aliran muatan positif dari bumi ke awan. Sambara ini di sebut Sambaran Balik ( Return Strok). Biasanya terdiri dari beberapa sambaran.
  4. Arus kilat pada setiap sambaran bisa mencapai maksimum 200.000 ampere. Arus kilat ini merupakan arue impuls, dimana arus puncaknya di capai dalam beberapa micro detik.

Efek sambaran petir

    Sebuah sambaran petir menghasilkan energi yang sangat besar, bisa mencapai 300 juta KW dengan besar tegangan listrik 125 juta KV dari rata rata arus petir di atas 20.000 A.
    Pengaruh yang di timbulkan dari petir :
  • Efek induksi, menyebabkan tidak berfungsinya peralatan maupun terjadinya kesalahan data.
  • Efek panas, menyebabkan terjadinya kebakaran.
  • Efek akustrik, menimbulkan gangguan pada gelombang radio.
  • Efek pada manusia atau hewan akan menyebabkan kerusakan bahkan kematian yang di sebabkan besarnya arus petir.
    Baca Juga :  Singkatan umum dalam Electrical Dokument ( Dokumen Listrik) dari huruf K

    Loading...
    loading...
    Gambar Gravatar
    Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.