Mengenal apa itu sensor (pembahasan dan penjelasan)

Pengertian apakah sensor

Apakah sensor ? Sensor adalah perangkat yang dapat mendeteksi dan me-respon beberapa jenis masukan dari lingkungan fisik. Input spesifik bisa cahaya, panas, gerak, kelembaban, tekanan, atau salah satu dari sejumlah besar fenomena lingkungan lainnya.

Output-nya umumnya sinyal yang di-konversi ke display terbaca-manusia di lokasi sensor atau dikirimkan secara elektronik melalui jaringan untuk membaca atau diproses lebih lanjut.

Baca Juga :  Fungsi, klasifikasi dan jenis sakelar / switch

Macam- macam sensor

Berikut adalah beberapa contoh dari berbagai jenis sensor:

1. Termometer

Sensor suhu Thermometer
Sensor suhu Thermometer

Termometer dalam kaca, sensor berbasis merkuri, dengan input suhu. Cairan yang terkandung akan mengembang, menyebabkan gas mercuri memuai ke tingkat lebih tinggi atau lebih rendah pada gauge yang ditandai tergantung input suhu yang mengenainya, dan terbaca-manusia.

2. Sensor oksigen

Apakah Sensor Oksigen
Sensor Oksigen

Dalam sistem kontrol emisi mobil ini mendeteksi rasio bensin / oksigen, biasanya melalui reaksi kimia yang menghasilkan tegangan. Sebuah komputer di mesin membaca tegangan, jika campuran tidak optimal, akan mengatur ulang untuk keseimbangan.

3. Sensor gerak

Apakah Sensor Gerak
Sensor gerak

Sensor gerak digunakan di berbagai sistem termasuk lampu keamanan rumah, pintu otomatis dan perlengkapan kamar mandi biasanya mengirim beberapa jenis energi, seperti microwave , gelombang ultrasonik atau sinar cahaya dan mendeteksi ketika aliran energi terganggu oleh sesuatu yang memasuki jalan.

4. Photosensor

Sensor Photoelektrik
Sensor Photoelektrik

Photosensor mendeteksi adanya cahaya tampak, transmisi inframerah (IR), dan / atau ultraviolet (UV) energi.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Artikel Terakhir Dari Abi Royen (lihat semua)

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *