Mengatasi Masalah Aplikasi yang Berhenti Tiba-Tiba di Smartphone Xiaomi

Penyebab Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba ~ Smartphone Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone yang cukup sukses akhir-akhir ini. Dan tak bisa dipungkiri jika eksistensi Xiaomi lebih bisa menyaingi brand papan atas, yang telah lebih dulu eksis.

Namun, tentunya Xiaomi bukanlah produk yang sempurna. Meskipun sudah dilengkapi dengan support/spesifikasi beragam yang tak bisa dianggap remeh, risiko terjadinya error pada software atau aplikasi yang tertanam pada smartphone Xiaomi terkadang masih terjadi. Lantas bagaimana mengatasinya, jika mendadak Xiaomi tiba-tiba berhenti sendiri?

Baca Juga :  Rangkaian Elektronika Sederhana Untuk Pemula
Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba
Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba

Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba

Penyebab Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba

‘Unfortunately, Facebook has stopped’, pernahkah notifikasi tersebut muncul secara tiba-tiba saat Anda sedang scrolling beranda Facebook? Itu tandanya aplikasi Facebook yang Anda jalankan berhenti sendiri secara tiba-tiba.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ketahui beberapa penyebab berikut ini agar Anda dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab berhentinya aplikasi secara tiba-tiba.

  • File cache yang menumpuk
  • Ruang di memori internal yang semakin menipis
  • RAM android sudah penuh
  • Aplikasi masih BETA, artinya masih dalam tahap uji coba sehingga masih banyak bugs
  • Aplikasi tidak kompatibel atau sesuai dengan versi android
  • Data aplikasi yang corrupt
  • Terputusnya sambungan internet
  • Hardware smartphone sudah terlalu lama digunakan

Tips Mengatai Aplikasi Berhenti Tiba-Tiba di Smartphone Xiaomi

Setelah mengetahui beberapa penyebab aplikasi terhenti secara mendadak, kini saatnya Anda mempelajari bagaimana caranya mengatasi aplikasi yang force stopped.

1. Restart Smartphone Xiaomi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan saat aplikasi terhenti dan keluar tiba-tiba adalah dengan merestrart smartphone Xiaomi Anda. Merestart smartphone Xiaomi akan terjadi roses rebooting.

Langkah ini dilakukan agar smartphone yang telah Anda gunakan lama dapat disegarkan kembali. Smartphone yang dalam kondisi overheat karena digunakan secara berlebihan akan memicu gangguan pada performa smartphone secara keseluruhan termasuk aplikasi yang berhenti tiba-tiba. Maka, sebaiknya restart smartphone Xiaomi Anda terlebih dahulu.

2. Bersihkan File Cache

File yang tersimpan dalam cache adalah file temporer yang tidak penting atau file sampah. Jika dibiarkan menumpuk dan tidak dibersihkan, tentunya hal ini menyebabkan RAM bekerja lebih keras dan dapat mengganggu aplikasi yang sedang Anda jalankan.

Maka, bersihkan file cache secara rutin agar hal itu tak terjadi. Caranya dengan masuk ke menu Setelan > Aplikasi Terinstall > Pilih Aplikasi > Hapus Cache.

3. Update Aplikasi

Aplikasi yang sering force stop bisa juga disebabkan oleh versi aplikasi yang belum diperbarui. Ada risiko bugs atau kekurangan jika menggunakan aplikasi versi lama. Untuk itu, pastika aplikasin yang Anda gunakan sudah terupdate secara sukses. Caranya sangat mudah, yaitu masuk ke Google Play Store, ketikkan nama aplikasi yang ingin diupdate, lalu pilih ‘Update’ atau ‘Perbarui’.

4. Uninstall dan Reinstall Aplikasi

Melakukan uninstall pada aplikasi yang terganggu dinilai cara yang paling mudah dan praktis untuk mengatasinya. Pertama, masuk ke menu Setelan pada smartphone Xiaomi Anda. untuk mencopot pemasangat (uninstall) aplikasi.

Setelah aplikasi tersebut Anda uninstall, coba download sekali lagi aplikasi tersebut untuk melakukan reinstall. Aplikasi dengan versi terbaru pastinya telah tersedia dan dapat Anda download kembali. Install ulang (reinstall) aplikasi tersebut untuk memperoleh fitur terbarunya.

Itulah penyebab serta tips mengatasi aplikasi yang berhenti tiba-tiba di smartphone Xiaomi. Kini, Anda dapat mengatasi masalah tersebut tanpa kesulitan dan tak perlu buru-buru membawanya ke tukang servis,.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *