Aplikasi sensor tekanan pada sistem

Ada banyak sekali aplikasi penggunaan sensor tekanan (pressure sensor), kita akan bahas beberapa sistem yang menggunakan fungsi sensor tekanan.

  1. Pressure Sensing (sensing tekanan)

Jenis sensor tekanan yang secara langsung sebagai pembaca tingkat tekanan. Sangat berguna pada instrumentasi prakiraan cuaca, pesawat terbang, mobil, da pada semua mesi yang memiliki tekanan yang diterapkan pada sistemnya.

  1. Altitude Sensing (sensing ketinggian)

Sangat penting pengaplikasian pada teknologi pesawat terbang, roket, satelit, balon cuaca, dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut memanfaatkan hubungan antara perubahan tekanan relatif terhadap ketinggian. Sedikit kita bahas pada rumus / persamaannya:

h= (1 – (P/Pref)0,190284) x 145366,45 ft

Rumus diatas di-kalibrasi untuk altimeter hingga ketinggian 36.090 kaki (11.000 meter). Untuk ketinggian lebih dari itu mungkin akan terjadi kesalahan perhitungan secara berbeda pada setiap sensor tekanan. Kesalahan tersebut muncul karena pengaruh dari beberapa faktor yaitu suhu dan gravitasi.

Baca Juga :  Draught Gauge sebagai pemantau level kapal mengambang
Aplikasi sensor tekanan pada sistem
Aplikasi sensor tekanan pada sistem

Jenis sensor barometrik memiliki resolusi pada ketinggian kurang dari 1 meter, artinya hal itu lebih baik dari sistem GPS ( sekitar 20 meter altitude resolution).

  1. Flow Sensing (sensing aliran/arus)

Ini adalah penggunaan sensor tekanan dalam hubungannya dengan efek venturi untuk mengukur aliran. Tekanan diferensial (dibaca: perbedaan tekanan) yang di ukur antara dua segmen dari sebuah tabung venturi yang memiliki aperture yang berbeda. Perbedaan tekanan antara dua segmen berbanding lurus dengan laju aliran yang melalui tabung venturi. Sebuah sensor tekanan rendah diperlukan sebagai pembaca perbedaa tekanan ini.

  1. Level/ Dept Sensing (sensing kedalaman)

Sebuah sensor tekanan jenis ini untuk mengukur tingkat kedalaman cairan. Umumnya untuk pengukuran kedalaman peyelaman pada media cairan atau level cairan dari sebuah tangki.

Tingkat cairan adalah berbanding lurus dengan tekanan. Artinya setiap penigkata kedalaman maka akan ada penigkatan tekanan. Dalam hal media air tawar di mana isi berada di bawah tekanan atmosfer,

1 psi=27,7inH20/1pA=9,81mmH20.

Persamaan dasarnya adalah:

P = ᵨgh

Dimana:

P : tekanan

ᵨ : densitas fluida

g : gravitasi

h : tinggi kolom fluida di atas sensor tekanan

  1. Leak Testing (penguji kebocoran)

Sensor tekanan dapat digunakan utuk membaca kehilangan tekanan karena terjadi kebocoran. Dengan memanfaatkan sistem tekanan diferensial atau pemantauan perubahan tekanan dari waktu ke waktu.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.