Arti Kabel Nya Nym Dan Nyy Serta Perbedaan NYRGBY

Diposting pada

­Arti kabel nya nym dan nyy… Apa ya?! Perbedaan tentang kabel nya, nym, nyy dan nyrgby – sebagai seorang teknisi elektronika dan listrik, anda harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis kabel yang ada di pasaran dan kerap kali digunakan dalam instalasi kelistrikan.

Jenis kabel memiliki ciri khas, kelebihan serta kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, kita tidak dapat memukul rata dan menganggap semua jenis kabel itu sama. Pada dasarnya arti kabel nya nym dan nyy di klasifikasikan berdasarkan kemampuan hantaran arusnya.

Arti Kabel Nya Nym Dan Nyy Serta Nyrgby

Kemampuan hantaran arus yang ada pada sebuah kabel listrik dipengaruhi oleh luas penampang, bahan konduktor dan isolator yang digunakan, serta ada beberapa faktor yang lain yang mempengaruhi. Selain digunakan untuk menghantarkan listrik, sebuah kabel juga digunakan untuk menghantarkan sebuah frekuensi. Di antara banyaknya jenis kabel listrik yang ada, kerap kali membuat para teknisi bingung dengan jenis kabel nya, nym, nyy dan nyrgby. Kerap kali para teknisi sulit untuk membedakan jenis kabel tersebut, karena dari nama kabel satu dengan yang lain sedikit agak mirip, sehingga membuat para teknisi bingung.

Pada dasarnya masing-masing jenis kabel tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut kita akan mempelajari tentang perbedaan arti kabel nya nym dan nyy dan nyrgby mulai dari ukuran, fungsi dari masing-masing jenis kabel, bentuk kabel, karakteristik yang di miliki oleh masing-masing jenis kabel, sampai dengan harga yang di tawarkan untuk masing-masing jenis kabel.

  1. Kabel nya
Baca Juga :  Sensor Suhu jenis Thermocouple

Kabel nya memiliki arti n = kabel inti tembaga, y= isolasi pvc, dan a= kabel tunggal. Yang berarti kabel nya adalah sebuah kabel tembaga tunggal dengan isolasi berbahan pvc. Kabel dengan jenis nya ini sering kali digunakan untuk instalasi listrik rumahan. Dan biasanya kabel nya yang di butuh kan untuk instalasi listrik rumahan berukuran 1,5mm dan 2,5mm. Kabel nya ini memiliki kelebihan dengan harganya yang lebih murah sehingga kabel ini kerap digunakan untuk instalasi listrik pada perumahan. Kabel nya ini memiliki kekurangan yang mudah cacat dan terkelupas seperti digigit tikus, karena kabel jenis ini memiliki isolasi yang hanya satu lapis. Dan agar lebih aman, kabel nya ini harus dipasang dalam pipa atau konduite jenis pvc atau saluran tertutup, atau dipasang di udara yang jauh dari jangkauan.

penjelasan arti kabel nya nym dan nyy

  1. Kabel nym

Kepanjangan dari kabel nym adalah n= kabel inti tembaga, y= isolasi pvc, m= inti kabel lebih dari satu. Yang artinya, kabel nym memiliki inti tembaga dengan jumlah lebih dari satu dan menggunakan isolasi berbahan pvc. Kabel jenis ini biasanya digunakan pada instalasi tetap pada bangunan, seperti di tempatkan pada tembok. Kabel ini biasanya memiliki warna putih atau abu-abu dengan jumlah inti 2,3 atau 4. Kabel nym ini memiliki kelebihan dengan kualitas kabel yang lebih kuat karena kabel ini terdiri dari dua lapis. Dan kelemahan dari kabel ini adalah harganya yang lebih mahal. Kabel jenis ini dapat di gunakan pada kondisi kering atau pun basah, namun tidak untuk ditanam di dalam tanah.

Baca Juga :  Instalasi Tubing dan Fitting

pengertian arti kabel nya nym dan nyy

  1. Kabel nyy

Kepanjangan dari kabel nyy adalah n= kabel inti tembaga, y= isolasi pvc, dan y= selubung luar isolasi pvc. Yang berarti kabel nyy ini adalah sebuah kabel yang memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi pvc dan dengan selubung luar berbahan pvc. Kabel dengan jenis ini sangat cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap seperti di bawah tanah, ataupun pada tempat outdoor lainnya. Kabel ini memiliki lapisan isolasi pvc dengan jumlah inti 2,3 atau 4. Kabel jenis ini memiliki ketahanan yang tinggi dan pastinya lebih aman. Dan wajar jika kabel jenis nyy dijual dengan harga yang lebih mahal daripada kabel nya dan nym. Kabel ini juga memiliki kelebihan anti gigitan tikus.

Baca Juga :  Sound sebagai sensor dan Transducer

arti kabel nya nym dan nyy

  1. Kabel nyrgby

Kepanjangan dari kabel nyrgby adalah n= kabel inti tembaga y= isolasi pvc r= pelindung kawat baja bulat, gb= dililit plat baja y= isolasi pvc. Yang berarti kabel ini memiliki satu atau lebih inti tembaga dengan isolasi pvc, pelindung kawat baja bulat, lilitan plat baja, serta isolasi luar berbahan pvc. Diantara kabel-kabel sebelumnya yang telah kita bahas di atas, kabel jenis ini yang paling kuat dan harga yang lebih mahal. Kabel jenis ini cocok digunakan untuk instalasi listrik tetap dalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan karena memiliki daya tahan yang sangat baik.

  arti kabel nya nym dan nyy nyrgby

Berikut adalah ulasan tentang perbedaan tentang arti kabel nya nym dan nyy dan nyrgby yang harus anda ketahui sebagai seorang teknisi khususnya untuk anda yang masih dalam taraf pemula. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan pernah berhenti untuk belajar menjadi seorang teknisi elektronika yang handal.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.