Kontaktor Dan Penggunaannya

Kontaktor adalah salah satu komponen listrik yang bekerja dengan prinsip elektromagnetik. Di dunia industri kelistrikan komponen ini sudah cukup dikenal tentunya. Namun berikut pengenalan singkat mengenai komponen listrik ini, semoga dapat memberikan informasi yang tepat untuk Anda.
Mengenali bagian Kontaktor.

Bagian Kontaktor
Bagian Kontaktor

Bagian Kontaktor

1. Kontak utama

Ini terdiri dari tiga NO kontak. Biasanya diberi kode angka dari 1 sampai 6 yang semuanya berpasangan. Untuk instalasi pada listrik industri, biasanya beban di hubungkan langsung pada ketiga fasa ini. Dan kemudian, coil kontaktor yang berfungsi untuk kontrolnya.

2. Kontak bantu

Kontak bantu ini terdiri dari NO dan NC yang di fungsikan khusus untuk membantu kebutuhan Anda jika kurangnya kebutuhan kontak pada kontak utama. Kontak ini biasanya diberi kode penomoran dari angka 13 hingga 22.

3. Coil Kontaktor

Koil ini memiliki sifat elektromagnetik, sehingga ini dapat memberikan tegangan berupa arus listrik yang akan merubah keseluruhan kontak yang ada menjadi close atau open sesuai dengan fungsinya.

Sedangkan prinsip kerja pada kontaktor ini adalah menyalurkan aliran listrik yang didapat padakumparan ke seluruh kontak termasuk koil yang juga menyalurkan tegangan listrik. Saat proses instalasi, kontaktor lebih membutuhkan komponen tambahan berupa tombol NC untuk memberhentikan dan memutus aliran listrik yang menuju ke koil kontaktor.

Kita juga membutuhkan MCB dan Relay untuk perlindungan utama dari instalasi komponen listrik yang kita rancang. Kontak bantu dapat berfungsi sebagai pengunci pada rangkaian listrik yang kita pasang secara pararel. Jadi pada fungsinyakontak bantu juga dapat kita jadikan tombolatau button start yang berfungsi seolah-olah sebagai sakelar pada komponen listrik tersebut.

Banyak kerugian yang kita dapat kan jika kita hanya berfokus untuk menggunakan saklar dari pada push button yang kita hasilkan dari kontak bantu, sehingga para ahli elektro pun lebih memanfaatkan adanya kontak bantu ini untuk mengunci, menyalakan, mematikan, memberhentikan aliran listrik pada sebuah komponen listrik dasar.

Sekian pengenalan dasar yang dapat kami sampaikan mengenai kontaktor dan penggunaannya. Semoga bermanfaat!

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *