Inovasi Baru : Bahan Bakar Alternatif Dari Air Seni

Diposting pada

Bahan Bakar Air Seni ~ Air Seni Bisa Dibuat Sebagai Bahan Bakar Mobil ? Banyak penemuan-penemuan baru yang makin hari, makin canggih saja. Dan pastinya, semua itu dilakukan untuk semakin mempermudah kita, para umat manusia.

Yang saat ini lagi gencar di pamerkan adalah berbagai penemuan yang berkaitan dengan sumber energi atau bahan bakar. Seperti yang kita ketahui, energi seperti minyak bumi, gas alam, batu bara dan sejenisnya, merupakan sumber energi yang tidak bisa di perbaruhi.  Atau paling tidak, butuh ribuan tahun lagi untuk bisa memperbaruhinya

Jadi tidak heran, jika saat ini banyak para ilmuwan yang berusaha/berlomba. Melakukan berbagai riset atau penelitian guna mencari sumber tenaga/energi alternatif yang bisa di jadikan pengganti beberapa sumber energi yang tidak bisa diperbarui di atas.

Bahan Bakar Air Seni
Bahan Bakar Air Seni

Bahan Bakar Air Seni

Terobosan baru dalam dunia otomotif

Dunia otomotif tak pernah bisa lepas dengan bahan bakar. Sebab bahan bakar merupakan bagian utama, layaknya oksigen buat manusia. Dengan adanya fakta tersebut para ilmuwan gencar melakukan berbagai penelitian untuk menyiasati masalah kebutuhan bahan bakar sebagai sumber energi otomotif ini.

Seperti misalnya yang sedang banyak digalakkan saat ini, yaitu tentang penggunaan sumber energi baterai atau listrik sebagai pengganti bahan bakar yang berbahan dasar minyak bumi, gas alam, maupun penggunaan batu bara.

Dalam 5 tahun terakhir semakin banyak saja penemuan atau terobosan para ilmuwan yang memanfaatkan energi listrik sebagai penggerak suatu kendaraan.

Dengan berbekal baterai dengan kapasitas tertentu, memungkinkan suatu kendaraan bisa berjalan hingga berpuluh kilometer. Dan setelah energi baterai tersebut habis, pemilik kendaraan tinggal mengisi ulang baterai tersebut.

Begitu seterusnya hingga baterai tersebut diganti, karena masa pakai atau spare part-nya yang sudah tidak tidak normal lagi.

Walaupun untuk saat ini, mobil jenis tersebut belum di produksi massal, karena banyak pertimbangan. Tetapi setidaknya sudah ada rancangan sebagai titik awal yang tinggal menunggu waktu saja hingga berbagai penyempurnaan tersebut selesai.

Selain baterai, masih ada beberapa alternatif lain yang telah di temukan para ilmuwan sebagai solusi energi alternatif. Misalnya saja dengan memanfaatkan energi matahari, energi dari tumbuhan tertentu, dan lainnya.

Bahan Bakar Air Seni sebagai sumber energi alternatif

Dan salah satunya, yang bisa di katakan sebuah penemuan atau terobosan fenomenal, yaitu telah di kembangkannya urine manusia sebagai energi pengganti bahan bakar yang biasa digunakan.

Penemuan ini di lakukan oleh ilmuwan dari negara Inggris belum lama ini. Mereka membuat sesuatu yang sebenarnya agak unik dan tidak biasa. Ya betapa tidak, sesuatu yang biasanya kita anggap sebagai limbah yang dihasilkan oleh manusia, dimanfaatkan untuk menggerakkan kendaraan.

Tim Peneliti Pengembangan Sumber Energi Alternatif Inggris

Dalam pengembangan yang dilakukan oleh tim ini, mereka menggunakan sebuah sistem microbial fuel cell atau bisa disingkat dengan sistem MFC. Sistem MFC adalah sebuah sistem yang memanfaatkan mikroorganisme dalam menciptakan suatu energi.

Mereka meyakini bahwa microorganisme nantinya bisa mengubah bahan organic seperti air seni untuk menjadi sebuah energi listrik yang nantinya bisa menggerakkan mobil yang menggunakan tenaga listrik.

Direktur dari Bistol BioEnergu Centre yang bernama Loannis Leropoulus sebagai pemimpin penelitian ini mengungkapkan bahwa mikroorganisme sangat efisien. Lebih dari 96% mampu mengubah bahan yang terbuat dari organik menjadi energi.

Namun untuk sekarang performa MFC baru mencapai 60%, sehingga mendorong mereka untuk mengembangkannya.

Penelitian ini bisa dikatakan berhasil, bisa dilihat dari sebuah uji coba dengan cara menghidupkan lampu LED di ruangan kampus Universitas West of England. Dan juga menghidupkan lampu pada sebuah lokasi festival musik glastonbury.

Mereka menghidupkan lampu-lampu tersebut dengan menggunakan alat temuannya yang mereka hubungkan pada sebuah tangki tampungan yang sudah diisi dengan air seni.

Untuk saat ini alat yang mereka ciptakan memang baru bisa digunakan untuk menghidupkan lampu saja, dan sebagai isi ulang untuk baterai smartphone. Energi listrik yang tadi dihasilkan juga mampu untuk disimpan pada baterai lithium-ion.

Namun nantinya diharapkan energi listrik yang diciptakan dari air seni mampu untuk menghidupkan mobil dan hal lainnya yang menggunakan listrik dengan daya yang besar.

Pengembangan Sumber Energi Urine

Penggunaan listrik dari air seni ini nantinya tidak hanya terhenti untuk penggunaan bahan bakar mobil listrik saja. Namun juga dapat digunakan untuk daerah yang masih belum mendapat penerangan atau minim sumber listrik untuk kebutuhan masyarakatnya.

Disaat sumber lainnya seperti tenaga dari cahaya matahari atau tenaga dari angin sedang berkurang, air seni masih tetap ada dan masih ada selagi manusia masih ada di bumi ini. Sehingga sumber tenaga dari air seni tidak akan pernah habis.

Itulah informasi mengenai tenaga listrik dari air seni. Tentunya bila penemuan ini dapat berhasil akan menjadi tenaga alternatif yang sangat bermanfaat untuk manusia.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.