Bahaya yang Mengancam Bila Asal Menginstal Aplikasi Gratisan di Smartphone

Diposting pada

Bahaya install aplikasi gratisan ~ Segala hal yang gratis memang menggiurkan. Begitu pun dengan aplikasi-aplikasi smartphone gratis yang ada di Google Play Store. Namun, Anda jangan sembarangan meng-install aplikasi-aplikasi gratisan tersebut. Bisa jadi, dibalik kata ‘gratis’ tersebut, terdapat efek buruk yang mengintai smartphone Anda.

Nah, penasaran ingin tahu bahaya apa saja akibat kebiasaan menginstal aplikasi gratisan? Berikut telah kami rangkum penjelasan lengkapnya. Silahkan disimak.

Bahaya Install Aplikasi Gratisan

6 Bahaya Install Aplikasi Gratisan di Smartphone

1. Boros Kuota

Tahukah Anda kalau aplikasi gratisan yang sudah Anda install dari Google Play Store ternyata menghabiskan hampir 80 persen paket data lebih banyak? Yup, dan penyebab borosnya kuota tersebut adalah karena keberadaan iklan.

Pasalnya, iklan-iklan yang ada di dalam aplikasi gratisan tersebut, merupakan hasil push oleh sistem melalui internet sehingga dapat masuk ke dalam smartphone Anda.

Baca Juga :  Kelebihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Rumah

Oleh karena itu, apabila Anda sering menginstal banyak aplikasi dengan ‘embel-embel’ gratis dan kerap memainkan aplikasi tersebut, siap-siap saja kuota Anda akan boros. Selain itu, pengeluaran untuk paket data pun dapat membengkak.

2. Boros Pulsa

Kuota dan pulsa sebenarnya berbanding lurus. Anda dapat membeli kuota dengan menggunakan pulsa. Namun, tak jarang setelah membeli kuota, pulsa Anda juga ikut tersedot. Pasti, Anda bakal kesel bukan main, kan?

Ternyata hal ini disebabkan oleh beberapa aplikasi gratisan yang sudah diselipkan iklan terselubung. Iklan ini menawarkan layanan Value Added Service (VAS) yang berupa iklan banner dari operator. Ketika Anda tanpa sengaja memencet iklan tersebut, maka secara otomatis Anda sudah berlangganan SMS berbayar. Menakutkan, bukan?

3. Rawan Serangan Malware

Tak ada yang dapat menjamin jika iklan yang ditampilkan pada aplikasi gratisan, terbebas dari malware. Bayangkan saja, Google Adsense yang besar mampu diserang oleh malware berbahaya yang dapat mencuri data perbankan Anda. Apalagi aplikasi gratisan yang mendapatkan penghasilan dari segala platform iklan.

Baca Juga :  Dampak Positif dan Negatif Nuklir

4. Resiko Penyalahgunaan Data

Beberapa aplikasi gratis yang Anda temukan di Google play Store memberikan Privacy Policy, misalnya seperti Google Maps yang mensyaratkan untuk memberi akses lokasi Anda.

Nah, apabila ada aplikasi yang tidak mempunyai Privacy Policy, maka Anda patut untuk waspada. Anda jangan asal menyetujui aplikasi-aplikasi gratisan yang meminta permission pada saat di-install. tentu Anda tak ingin data smartphone Anda dijual ke pihak ketiga atau disalahgunakan untuk tindak kejahatan.

5. Baterai

Pada smartphone yang terdapat banyak aplikasi gratisnya, ada sekitar hampir 16 persen kapasitas baterai yang terbuang dengan sia-sia. Hal ini menjadi salah satu penyebab borosnya baterai sehingga mempercepat habisnya baterai sekitar satu jam. Tentu saja, hal ini dikarenakan keberadaan iklan yang mengkonsumsi daya baterai lebih banyak.

Baca Juga :  Draught Gauge sebagai pemantau level kapal mengambang

6. Memori

Ternyata keberadaan iklan dalam aplikasi-aplikasi gratis dari Google Play Store juga dapat berdampak pada memori dan prosesor smartphone Anda. Iklan-iklan mobile ini akan melahap tak kurang dari 22 persen RAM serta 48 persen waktu proses pada prosesor. Dan pada akhirnya akan berdampak pada lemotnya smartphone Anda.

Itulah beberapa bahaya install aplikasi gratisan, jika Anda dengan sembarangan meng-install aplikasi-aplikasi gratisan. Oleh sebab itu, sebaiknya pengguna smartphone agar lebih selektif dalam pemasangan aplikasi-aplikasi gratis.

Pilihlah aplikasi yang memang benar-benar Anda butuhkan serta pastikan rutin menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Nah, semoga informasi diatas bisa bermanfaat!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.