Waspadai Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik

Setiap profesi pasti memiliki resiko atau konsekuensi-nya masing-masing, meskipun pekerjaan memperbaiki barang elektronik seringkali dianggap mudah dan tidak beresiko oleh sebagian orang. Namun, ada beberapa resiko bahaya memperbaiki barang elektronik yang harus diwaspadai oleh seorang reparator.

Seorang profesional sekalipun, apabila tidak berhati-hati bisa saja beresiko terkena bahaya atau kerugian baik secara fisik maupun finansial. Untuk itu selalu cermat dan waspada adalah sikap bijak dalam membedah dan mereparasi benda-benda elektronik ini sangat penting.

Baca Juga :  Cara Menghemat Listrik Pada Penggunaan AC
Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik
Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik

Berikut Beberapa Bahaya Memperbaiki Barang Elektronik

1. Waspadai Bahaya Tersengat Listrik

Entah itu tersengat arus listrik bertegangan tinggi atau arus listrik bertegangan rendah, yang pasti siapapun termasuk Anda tentu tidak ingin mengalami kejadian ini. Biasanya seorang pemula yang belum terlalu paham akan skema rangkaian barang elektronik yang direparasi, seringkali mengalami kejadian berbahaya ini.

Untuk itu apabila Anda masih dalam tahap belajar, sebaiknya didampingi oleh tentor atau orang yang lebih berpengalaman. Selalu perhatikan bagian-bagian  bertegangan tinggi, Anda bisa membaca atau bertanya pada orang yang lebih mengerti. Atau setidaknya Anda bisa mencari tutorial di Internet .

2. Waspadai Bahaya Ledakan

Ketelitian dan kecermatan dalam membongkar atau memasang komponen-komponen pada barang elektronik adalah kunci utama, agar tidak sampai terdapat kesalahan pada penyambungan komponen aktif yang bisa berakibat fatal dan menimbulkan suatu ledakan.

3. Waspadai Gangguan Pernafasan

Selalu gunakan masker ketika Anda akan membongkar dan mereparasi barang elektronik. Karena pada komponen barang elektronik yang akan Anda reparasi terdapat, debu, kotoran, atau bahkan serbuk kimia yang mengandung racun akibat salah satu komponen mengalami korosi atau terbakar.

4. Waspadai Duduk Terlalu Lama

Saat asyik mereparasi barang elektronik, tidak jarang seseorang duduk dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Selain menyebabkan keram dan kesemutan, duduk terlalu lama akan sangat membahayakan kesehatan tulang belakang dan leher. Untuk itu sering-seringlah meregangkan otot disela pekerjaan.

5. Waspadai Bahaya Kebakaran

Solder adalah alat terpenting dan paling berbahaya dalam reparasi, untuk itu Anda harus menaruh dan menyimpan solder pada tempat yang tidak mudah terbakar dan tidak bisa dijangkau anak-anak. Hindari konslet semaksimal mungkin, karena konslet juga merupakan penyebab kebakaran.

6. Waspadai Bahaya Untuk Mata

Komponen-komponen elektronik yang cenderung kecil mengakibatkan mata Anda harus bekerja ekstra. Selain itu jam kerja yang tidak mengenal waktu dan bersifat terforsir, serta asap solder yang terkena mata membuat banyak teknisi muda mengalami gangguan penglihatan seperti minus dan lain sebagainya.

7. Waspadai Bahaya Benda Tajam

Dalam mereparasi dibutuhkan juga gunting, cutter, pinset, dan lain sebagainya yang tajam dan berbahaya. Untuk itu selalu hati-hati dan teliti dalam menggunakan benda-benda tajam tersebut.

Itulah beberapa yang perlu Anda waspadai bahaya memperbaiki barang elektronik. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membuat Anda lebih berhati-hati.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *