Baterai Smartphone Tetap Awet, Beberapa Cara yang Perlu DicobaAbi Blog

Stop Kebisaan Ini Agar Baterai Smartphone Tidak Boros dan Tahan Lama

Baterai Smartphone tetap awet ~ Baterai merupakan salah satu perangkat yang memiliki fungsi paling penting pada smartphone. Tanpa adanya baterai, maka smartphone tak bisa digunakan. Biasanya, terlalu cepat boros saat digunakan dan harus diganti dalam kurun waktu tertentu merupakan masalah yang sering kali muncul pada baterai.

Seringkali, baterai yang cepat rusak atau boros tersebut, merupakan akibat dari beragam kebiasaan-kebiasaan buruk yang di lakukan penggunanya.

Jadi, biarpun nanti diganti dengan yang baru, bila masih tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, ya tingga; menunggu waktu saja, baterai tersebut akan cepat rusak lagi.

Nah, daripada menghabiskan banyak uang anda untuk beli baterai baru secara terus-menerus, tak ada salahnya jika anda lakukan tips berikut, agar baterai smartphone anda tetap awet.

Baterai Smartphone tetap awet
Baterai Smartphone tetap awet

Tips menjaga baterai smartphone tetap awet

1. Usahakan agar baterai tidak sampai kosong total

Menggunakan smartphone hingga baterainya kosong total merupakan hal yang harus dihindari. Usahakan untuk langsung mengecas smartphone anda jika baterainya sudah kurang dari 20%. Apabila anda merupakan orang yang sangat sibuk dan tidak sempat mengecas ponsel anda, maka aktifkanlah fitur untuk menghemat daya smartphone.

Dengan begitu, aplikasi seperti sosial media dan lain-lain yang bisa memakan banyak daya akan dinonaktifkan untuk sementara waktu sampai anda menonaktifkan fitur penghemat daya.

Bisa juga dengan menggunakan alternatif lain yaitu dengan membawa power bank. Jadi, begitu muncul peringatan bahwa baterai smartphone anda sudah kurang dari 20%, anda bisa langsung mengecasnya.

2. Hindari mengecas ponsel sampai semalaman

Mengecas baterai smartphone sampai semalaman tentunya sangat tidak disarankan, walau sudah banyak jenis smartphone yang memiliki fitur auto cut-off yang berfungsi untuk langsung menonaktikan aktivitas pengisian baterai saat baterai sudah penuh.

Pengecasan baterai smartphone hingga semalaman akan membuat kondisi overheat terjadi dan tentunya hal itu akan membuat baterai smartphone anda mengalami kerusakan.

Pengisian baterai yang baik dapat dilakukan dengan cara mengecas baterai sebelum dayanya kurang dari 20% lalu kemudian menghentikan pengisian setelah 80%. Mengapa harus demikian? Sederhana, agar siklus baterai smartphone anda tetap terjaga.

3. Jangan menggunakan smartphone ketika mengecas

Salah satu kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan oleh para user yaitu tetap menggunakan smartphonenya pada ketika sedang mengecas. Padahal, smartphone yang tetap digunakan pada saat dicas akan membuat baterai melakukan dua pekerjaaan sekaligus yaitu melakukan pengisian serta menyediakan daya bagi perangkat smartphone.

Tentunya hal tersebut akan berdampak pada ketahanan dari baterai dan juga kesehatan penggunanya. Jadi, alangkah lebih baik untuk menghentikan aktivitas anda dengan smartphone untuk sementara waktu pada saat sedang mengecas.

4. Hindari terlalu sering menggunakan mode getar

Pengaktifan mode getar ternyata memiliki dampak yang buruk bagi baterai smartphone anda, salah satunya membuat baterai harus bekerja lebih ekstra. Mengapa? Saat mode getar diaktifkan, maka untuk menggetarkan mode vibratornya akan dibutuhkan daya dalam jumlah yang besar dan hal itulah yang akan membuat baterai menjadi tidak tahan lama.

Sekadar saran, daripada anda menggunakan mode getar lebih baik gunakan mode silent saja untuk menjaga ketahanan dari baterai smartphone anda.

5. Hindari keadaan overheat pada smartphone

Keadaan overheat terjadi ketika anda menggunakan smartphone anda tanpa henti. Kondisi overheat harus dihindari agar baterai smartphone anda lebih tahan lama.

Tips agar smartphone anda tidak mengalami overheat yaitu gunakanlah perangkat-perangkat seperti aplikasi background atau kamera pada saat dibutuhkan saja. Hal tersebut akan sangat membantu dalam menjaga ketahanan baterai smartphone anda.

Itu tadi tips menjaga baterai smartphone anda agar tetap tahan lama. Coba saja untuk diterapkan dan semoga bermanfaat.

tomtop.com INT
Loading...
loading...

Buat Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *