Elektronika Dasar Cara Membuat Alat Deteksi Kebocoran Gas LPG

Diposting pada

Belajar Elektronika Dasar  Membuat Alat Deteksi Kebocoran Gas LPG

Belajar elektronika dasar untuk membuat alat deteksi! Kasus meledaknya gas LPG pastinya kerap anda temui. Hal ini pastinya akan membuat anda semakin khawatir dalam penggunaan gas LPG pada kehidupan anda sehari-hari. Dan membuat anda enggan untuk menggunakan gas LPG tersebut.

Padahal, jika kita membandingkan antara gas LPG dengan bahan bakar yang lain tentunya gas LPG termasuk bahan bakar yang paling murah dan ekonomis. Apalagi gas LPG dengan berat 3kg yang telah disubsidi oleh pemerintah.

Dari ke khawatiran tersebut, banyak orang yang berupaya untuk mencari solusi mengurangi risiko yang di timbulkan dalam menggunakan gas LPG. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi kebocoran gas LPG tersebut.

Salah satunya adalah dengan menggunakan ilmu belajar elektronika dasar untuk membuat alat pendeteksi kebocoran pada gas LPG. Dan kita dapat menemukannya dengan mudah di pasaran. Tetapi sangat di sayangkan, karena anda harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk membeli alat pendeteksi kebocoran gas LPG tersebut.

Baca Juga :  Struktur dan Konfigurasi Khusus Kontrol Fire Alarm GST 200

Oleh karena itu, ada baiknya kita mempelajari ilmu elektronika dasar, kita bisa membuat sendiri alat pendeteksi kebocoran gas LPG yang pastinya anda tidak akan mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk memilikinya.

Dan anda tidak perlu khawatir, karena anda dapat membuatnya dengan mudah dari komponen-komponen elektronika dasar yang bisa kita dapatkan pada toko-toko komponen elektronika di pasaran.

Komponen utama yang di gunakan untuk membuat alat ini adalah sebuah sensor gas dengan jenis MQ-2 serta Transistor BC557. Membuat alat deteksi kebocoran gas sangat mudah dan murah.

Baca Juga :  Panel kontrol alarm kebakaran (fire alarm) tipe BS-100 DYFI

Belajar Elektronika Dasar Cara Membuat Alat Deteksi Gas LPG

Bagi anda yang ingin mencoba untuk membuat alat deteksi kebocoran gas LPG sendiri di rumah, berikut ini adalah gambar skema yang harus anda ketahui.

belajar elektronika dasar alat pendeteksi

Cukup mudah dan sederhana untuk anda coba bukan? Para pemula pun dapat dengan mudah untuk membuatnya sendiri. Karena komponen yang di butuhkan untuk membuat rangkaian alat deteksi kebocoran gas LPG ini sangat mudah di dapatkan di toko komponen elektronika di sekitar anda.

Anda juga tidak perlu khawatir, jika anda kesulitan untuk menemukannya pada toko-toko komponen elektronika di sekitar anda. Karena anda dapat mencarinya secara online di marketplace dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Panel kontrol alarm kebakaran (fire alarm) tipe BS-100 DYFI

Adapun prinsip kerja dari rangkaian elektronika dasar alat deteksi kebocoran gas LPG sangat sederhana. Saat sensor gas MQ-2 menerima rangsangan berupa gas, maka sensor tersebut akan mengirimkan sebuah sinyal ke komponen lain. Yang pada akhirnya akan membunyikan alarm berupa buzzer.

Semakin tinggi kepekatan gas saat kebocoran terjadi, maka semakin tinggi juga sinyal yang di kirim dalam satuan volt, yang membuat output berupa sebuah alarm atau buzzer akan berdering dengan keras.

Jadi anda dapat memasang rangkaian deteksi ini di sekitar tabung gas LPG, agar pada saat terjadi kebocoran anda dapat langsung mengetahuinya. Cukup menarik belajar elektronika dasar untuk anda coba di rumah bukan?!

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.