Berbagai Jenis Genset Dan Manfaatnya

Pengertian Genset

Genset (generator Set)merupakan sebuah alat yang dapat menghasilkan listrik. Alat ini sudah cukup familiar digunakan sebagai sumber energi pengganti terutama saat listrik sedang padam. Jenis – jenis Genset akan kami jelaskan selanjutnya.

Jenis Genset
Jenis Genset

Manfaat Genset

Selain sebagai sumber energi listrik sementara, Genset juga memiliki manfaat lain berdasarkan jenis-jenis Genset tersebut.

Jenis Genset

Beberapa manfaat Genset itu adalah sebagai berikut :

1. Genset Gas

Sumber utama menjalankan generator set ini adalah dengan memanfaatkan LPG. Jenis Genset yang satu ini sudah banyak dimanfaatkan di lingkungan rumah. Dan sangat membantu ketika terjadi pemadaman listrik.

2. Genset Solar

Genset ini dijalankan dengan bahan bakar solar dan dapat menghasilkan listrik yang sangat tinggi sehingga sering dimanfaatkan untuk keperluan yang membutuhkan daya listrik yang tinggi.

Manfaat yang dihasilkan jika Anda menggunakan Genset solar adalah Anda bisa menggunakan bahan bakar yang murah, bisa digunakan dalam waktu yang lama yaitu sampai beberapa jam, serta memberikan kenyamanan yang lebih.

Namun, sebaiknya Anda meletakkan generator set di area terbuka. Karena asap karbondioksida yang dihasilkan dapat berakibat pada kematian.

3. Genset Diesel

Kapasitas yang dihasilkan dari penggunaan Genset diesel adalah mulai 5000 watt hingga 2 juta watt. Sehingga salah satu jenis Genset ini paling sering digunakan terutama pada acara-acara yang membutuhkan energi tinggi.

Manfaat penggunaan Generator Set diesel adalah waktu penggunaannya yang dapat bertahan lama, sangat efektif jika dimanfaatkan di beberapa tempat besar seperti tempat kerja.

4. Genset Portable

Generetaor Set Portable sering digunakan untuk keperluan kemah dan pertunjukan konser. Kelebihan dari Genset Portbale adalah keamanan-nya yang tinggi, bentuknya yang ringan, memiliki ukuran daya yang bervariasi, fleksibel sehingga mudah dipindahkan, aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas yang berbahaya.

Anda juga tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk menyimpan Genset Portable ini, karena keamanan-nya yang dapat diandalkan.

5. Genset Urine

Urine memang terbukti menjadi pembangkit listrik yang cukup efektif dan inovatif. Penelitian di Afrika berhasil membuktikan urine dengan volune 1 liter yang dapat menghasilkan listrik dengan durasi sekitar 6 jam. Walaupun untuk penggunaan komersial belum ada, tetapi paling tidak informasi ini bisa membuka wawasan kita mengenai energi pengganti yang bisa dimanfaatkan

Demikian informasi ini kami bagikan. Semoga dapat bermanfaat

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
Satu Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *