BIOS , Fungsi dan Jenis, AMI, Award, Phoenix, IBMAbi Blog

Mengenal BIOS , Fungsi , dan Jenis-Jenisnya

BIOS

BIOS ~ Ketika pertama kali menghidupkan suatu komputer pasti akan terdapat tampilan awal berwarna hitam ( saat ini ) ataupun berwarna biru ( beberapa tahun lalu ) dan terkadang berisi informasi informasi.

Setiap komputer memiliki tampilan awal yang berbeda-beda, ada yang menampilkan Award, AMI, Insyde, Sea, dan lain lain. Proses tampilan awal komputer ini lah yang dinamakan BIOS.

BIOS (Basic Input Output System) merupakan sebuah firmware. BIOS adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa assembly yang mempunyai tugas mengatur fungsi dari perangkat keras yang terdapat dalam komputer.

BIOS pada umumnya terbuat dari bahan Complementary Metal-Oxide Semiconductor atau yang sering disebut CMOS. BIOS terletak di dalam chip pada bagian tertentu sebuah motherboard.

Setiap motherboard memiliki BIOS, jika sebuah BIOS mengalami kerusakan maka kemungkinan besar motherboard juga akan mengalami kerusakan. Pada dasarnya, BIOS membantu load sistem operasi.

Sehingga apabila tidak terdapat BIOS dalam komputer anda, maka OS ( Operating System ) Anda akan gagal load.

Di dalam BIOS sendiri terdapat beberapa komponen pendukung yang memiliki tugas nya masing masing. Komponen komponen pendukung tersebut seperti Program BIOS Setup, Driver, dan Program Bootstrapter.

BIOS , Fungsi dan Jenis, AMI, Award, Phoenix, IBM

Fungsi BIOS pada komputer

Fungsi yang paling utama dari BIOS adalah untuk mengatur proses awal startup sekaligus memastikan bahwa sistem operasi benar benar telah dimuat dalam memory. Selain hal tersebut, BIOS juga memiliki banyak fungsi lainnya.

Berikut penjelasannya:

1. Menjalankan Perintah Power On Self Test

BIOS memberikan instruksi yang biasa dikenal dengan istilah Power On Self Test (POST) yaitu perintah untuk mengidentifikasi setiap perangkat lainnya pada saat komputer sedang memulai proses booting. Selain itu, BIOS juga dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang ada pada motherboard

2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer

Pada umumnya, BIOS mengatur konfigurasi terhadap perangkat lain berdasarkan fungsi masing masing. Pengaturan konfigurasi ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh gamer terutama untuk meningkatkan kinerja/performa suatu komputer.

3. Memberi Informasi Dasar pada Komputer

BIOS bertugas untuk memberikan informasi dasar mengenai interaksi tiap tiap perangkat penting yang terdapat pada komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugas untuk membuat sistem operasi.

Jenis Jenis dari BIOS

1. AMI BIOS

AMI BIOS merupakan BIOS yang berasal dan dikembangkan oleh Megatrend Amerika pada tahun 2002. AMI BIOS banyak diproduksi perusahaan yang memiliki ataupun menjual motherboard

2. Award BIOS

Award BIOS merupakan BIOS yang memiliki built-in program yang dapat dimodifikasi sistem dasar konfigurasinya oleh pemakainya. Informasi yang disimpan di CMOS RAM dapat menyimpan informasi set up ketika power dimatikan.

Cara menjalankannya dengan menekan tombol Delete ketika Anda menghidupkan komputer ataupun sedang melakukan proses reboot untuk masuk ke awal program setup BIOS.

3. Phoenix BIOS

Phoenix BIOS adalah BIOS yang mengembangkan dan mendukung perangkat sistem lunak pada sistem inti. BIOS ini merupakan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Produk Phoenix biasa disebut BIOS atau firmware yang memiliki keunggulan dalam mengaktifkan kompatibilitas, konektivitas, keamanan, pengelolaan berbagai komponen , dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut.

4. IBM BIOS

IBM BIOS adalah sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM berdiri pada tanggal 16 Juni 1911 dan beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

Nah itu dia informasi seputar bios yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *