Apakah Smartphone Anda Boros Baterai? Mungkin Beberapa Aplikasi ini PenyebabnyaAbi Blog

Apakah Smartphone Anda Boros Baterai? Mungkin Beberapa Aplikasi ini Penyebabnya

Boros Baterai ~ Salah satu kelemahan ponsel pintar atau smartphone dibandingkan dengan ponsel-ponsel jaman dulu adalah konsumsi baterainya yang boros. Smartphone yang boros baterai disebabkan oleh banyaknya feature dan aplikasi yang ada di dalamnya. Saat semua aplikasi tersebut aktif digunakan, konsumsi daya baterainya pun akan boros.

Keluhan baterai cepat habis tidak hanya terjadi pada pengguna android saja, tetapi juga para pengguna i-Phone.

Smartphone Boros Baterai
Smartphone Boros Baterai

Smartphone Anda Boros Baterai

Lantas, dari sekian banyak aplikasi yang ada dalam smartphone, aplikasi apa saja yang berpotensi membuat baterray menjadi boros tersebut?

Inilah 4 Aplikasi yang Bikin Boros Baterai

1. BBM

BlacBerry Massenger atau yang sering disebut dengan BBM merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Seperti yang kita tahu, aplikasi ini akan bekerja terus menerus meskipun tidak sedang dibuka.

Prosesnya yang berjalan secara terus menerus inilah yang membuatnya banyak memakan baterai smartphone Anda.

2. Game Online

Game online menjadi salah satu penyebab baterai smartphone Anda cepat habis. Bagaimana tidak? Saat Anda asyik memainkan sebuah game online, smartphone akan aktif bekerja dan membuatnya menjadi panas.

Kemudian baterai pun akan cepat habis. Di antara sekian banyak aplikasi game online, game yang paling banyak memakan baterai adalah game 3D.

3. Google Map

Baterai smartphone pun akan cepat habis jika Anda membuka Google Maps. Mengapa demikian? Pertama, Google Maps memakai fitur berbasis GPS yang mana fitur ini yang paling banyak memakan baterai.

Kedua, aplikasi ini selalu melakukan tracking ke tiap daerah yang sedang disinggahi oleh pengguna. Akibatnya, secara tidak langsung pengguna smartphone akan melakukan pengunduhan data pada setiap peta yang dilihatnya.

Selain Maps, aplikasi maping lainnya seperti Waze, juga menjadi aplikasi yang boros baterai.

4. Facebook

Selain BBM, Facebook juga menjadi salah satu aplikasi yang boros baterai. Hal ini disebabkan oleh proses yang dijalankan Facebook cukup banyak, mulai dari notofikasi pesan, notifikasi ulang tahun, tambah pertemanan, dan lain sebagainya.

Agar aplikasi ini tidak begitu memakan baterai, Anda bisa menonaktifkan fitur pemberitahuan.

Secara umum, beberapa aplikasi di atas memang diklaim sebagai aplikasi yang boros baterai. Namun, selain di atas mungkin saja ada beberapa aplikasi lain yang juga membuat baterai pada smartphone menjadi sangat boros.

Untuk memastikan aplikasi mana yang boros baterai, Anda bisa menggunakan Wakelock Detector. APK ini akan mendeteksi program/aplikasi dalam smartphone yang berada dalam kondisi wakelock.

Apa itu wakelock? Wakelock merupakan suatu kondisi di mana aplikasi tetap berjalan meskipun tidak sedang digunakan.

Cara Mengecek Aplikasi yang Boros Baterai dengan Menggunakan Wakelock Detector

Pertama-tama, Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah berhasil diunduh, Anda perlu melakukan root terlebih dahulu.

Kemudian jika Anda diminta untuk akses root dan juga reboot, ikuti saja. Aplikasi Wakelock Cetestir ini baru bisa bekerja setelah Andorid di-restart.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan smartphone Anda seperti biasanya. Secara berkala, Anda bisa memantai aplikasi apa saja yang sering melakukan wakelock.

Salah satu kekurangan dari aplikasi Wakelock Detector ini adalah harus digunakan pada smartphone yang sudah di-root.

Untuk smartphone yang belum di-root, Anda membutuhkan settingan khusus dengan memanfaatkan PC.

Demikian adalah beberapa aplikasi yang dinilai sebagai aplikasi boros baterai. Untuk memastikan aplikasi apa saja yang boros baterai, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Wakelock Detector.

Dengan demikian, Anda bisa mengontrol baterai smartphone Anda agar tidak cepat habis. Selamat mencoba..

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *