Berbagai Manfaat Buah Bintaro Dalam Dunia Industri

Buah bintaro merupakan salah satu jenis buah yang tidak bisa dimakan karena mengandung racun yang berbahaya. Racun dari buah ini, banyak digunakan sebagai zat pengusir tikus yang cukup handal.

Buah bintaro, banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku dari pembuatan barang-barang tertentu. Selain itu, buah ini juga mengandung minyak yang akan semakin banyak dihasilkan, saat buah ini mengering.

Minyak dari bintaro, bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan bahan bakar, jika diolah dengan cara yang tepat.

Buah bintaro sebagai bahan-bahan pembuatan tertentu, cukup banyak dilakukan seperti yang berikut ini.

Berbagai Manfaat Buah Bintaro Dalam Dunia Industri

Manfaat Buah Bintaro Dalam Dunia Industri

1. Sebagai bahan bakar alternatif

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari buah bintaro adalah manfaatnya sebagai bahan bakar. Buah yang satu ini, menghasilkan minyak dari buahnya yang telah mengering.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Faperta IPB, minyak dari bintaro dirasa cukup aman digunakan dan bahkan tergolong lebih unggul dibandingkan bahan bakar lain. Setelah melalui uji toksidasi, minyak dari bintaro memiliki bau, asap serta residu yang cukup aman.

2. Bahan pengusir tikus

Salah satu manfaat dari minyak bintaro adalah digunakan sebagai bahan ampuh pengusir tikus. Bintaro sendiri mengandung racun berbahaya yang bernama cerberin. Jenis racun ini, mampu membuat syaraf otak tikus rusak.

Baca Juga :  Bakteri Penghasil Sumber Energi

Keberadaan bintaro dalam rumah, akan membuat tikus segera menghindar dan menjauh dari buah terkait. Dalam hal ini, anda bisa meletakkan bintaro pada area yang sering dilalui oleh tikus.

3. Sebagai minyak tanah

Biji dari buah bintaro, bisa pula dijadikan sebagai bahan baku pembuatan minyak tanah. Dibandingkan dengan biji jarak, biji dari buah ini memiliki kadar minyak yang lebih tinggi. Untuk pengolahannya sendiri, diperlukan beberapa tahapan.

Pada tiap 11,8 kg biji bintaro yang sebelumnya telah dikeringkan, biji ini mampu menghasilkan minyak hingga 1 kg banyaknya. Minyak dari biji bintaro, selanjutnya akan diolah menjadi minyak tanah melalui beberapa tahapan.

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba membuat minyak dari buah bintaro, ada baiknya anda mengikuti langkah-langkah yang berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu biji bintaro. Supaya kering secara maksimal, ada baiknya anda mengeringkannya di bawah sinar matahari yang panas.
  2.  Setelah biji dari buah mengering, anda bisa menggiling biji buah tersebut.
  3. Lakukan pengepresan agar minyak bisa keluar semua.
  4. Selanjutnya saring minyak yang telah keluar, hingga kotoran pada minyak hilang.
  5. Tips bagi anda yang kesusahan menyaring minyak, anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu hingga kotoran mengendap. Proses pendiaman bisa memakan waktu satu hingga dua malam.
  6. Minyak sebagai bahan bakar kompor, telah bisa digunakan.
Baca Juga :  Macam dan Jenis Elemen Pengukur Tekanan

4. Racun untuk anak panah

Penggunaan buah bintaro, bisa pula digunakan sebagai salah satu bahan racun yang cukup berbahaya. Terutama di India, negara ini menggunakan racun dari buah bintaro untuk membunuh. Sementara di suku Dayak juga suku Banjar, racun dari bintaro, biasanya digunakan untuk membantu mereka saat berburu.

Penggunaannya sendiri digunakan dalam mengolesi anak panah. Adapun senjata tajam yang telah diolesi oleh racun buah bintaro, akan sangat berbahaya dan mampu membunuh hewan buruan dengan mudah.

5. Papan partikel

Manfaat lainnya dari buah bintaro adalah sebagai bahan pembuatan papan partikel. Bintaro dapat digunakan dalam pembuatan papan partikel karena mengandung serat berupa selulosa, lignin, ekstraktif serta holoselulosa.

Kandungan buah bintaro yang berupa lignoselulosa, membuat buah ini bisa dijadikan sebagai bahan baku dalam membuat kayu partikel.

6. Lilin

Tahukah anda jika ternyata bintaro juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan lilin? Lilin umumnya digunakan sebagai alat penerangan terutama ketika listrik tengah padam.

Baca Juga :  Inilah Deretan Aplikasi Terbaik untuk Edit Video Drone

Buah bintaro dapat dijadikan sebagai lilin, karena mengandung minyak yang cukup banyak sehingga dapat dijadikan sebagai penghasil lilin yang baik.

7. Bahan baku deodoran

Bagi anda yang bermasalah dengan keringat, umumnya menggunakan deodoran sebagai penghilang bau tubuh bukan? Nah, bintaro merupakan salah satu buah yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan deodoran yang cukup baik.

Penggunaan buah bintaro sebagai bahan baku deodoran, telah digunakan melalui beberapa penelitian.

Buah bintaro merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat terutama dalam pembuatan tertentu. Meski demikian biji bintaro bukanlah jenis buah yang bisa dimakan karena mengandung racun yang berbahaya.

Racun cerbenim dalam buah bintaro mampu menghambat saluran ion kalisium yang pada otot jantung manusia. Inilah kenapa buah yang satu ini mampu membuat detak jantung mengalami gangguan dan bahkan berakhir dengan kematian.

Bagian tanaman dari biji bintaro yang juga mengandung racun adalah bagian kayunya. Terutama saat dibakar, maka pembakaran tersebut akan memicu penyebaran racun bintaro akibat asap yang tersebar karena angin.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.