Bunyi Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara MengatasinyaAbi Blog

Penyebab Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara Mengatasinya

Bunyi Dengung Pada Amplifier dan Cara Mengatasi

Bagi yang hobi otak- atik elektronika pastinya sudah tidak asing lagi dengan amplifier atau biasanya dalam kalangan pengguna elektro di sebut power amplifier. Dari berbagai kendala atau permasalahan saat membangun rakitan amplifier adalah adanya bunyi dengung. Maksudnya bunyi dengung di sini bukannya dengung yang nyaring yang mengganggu suara yang dihasilkan, melainkan adalah dengung noise dengan suara yang tidak terlalu keras.

Baca Juga :  Apakah DSP itu? dan bagian-bagian DSP (Digital Signal Processor)
Bunyi Dengung Pada Power Amplifier
Bunyi Dengung Pada Power Amplifier

Sebenarnya kasus ini memang seringkali terjadi saat memutar ampli rakitan sendiri, yang mana tentunya tidak seperti ampli buatan pabrikan besar, apalagi pabrikan impor, yang mana tak menimbulkan suara atau dengung sama sekali saat diputar, bahkan saat volume di besarkan sekalipun.

Berbagai Penyebab Dari Bunyi Dengung Pada Ampli Rakitan

Pada kebanyakan kasus dengung di sebabkan karena ada dua yaitu ground yang kurang baik, juga rangkaian power supply yang tidak bagus, untuk itu, bila akan merakit power amplifier pastikan rangkaian power supply sudah bagus atau belilah produk yang memang sudah terkenal bagus.

Jika dengung hanya disebabkan karena grounding yang kurang bagus, biasanya suara dengung yang terdengar tidak terlalu keras. Dan juga suaranya tidak ikut membesar walaupun volume-nya di besarkan.

Dan untuk dengung yang bukan karena masalah ground yang kurang bagus, biasanya suara dengung lebih keras dan mengikuti besaran dari potensio volume. Maksudnya, saat volume dibesarkan maka dengung akan ikut membesar, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini biasanya disebabkan karena elco yang bocor, atau bisa juga karena transistor yang soak. Intinya karena adanya komponen yang kondisinya upnormal.

Cara Mengatasi Dengung Pada Power Amplifier Rakitan

  1. Pastikan Anda membeli komponen yang berkualitas bagus.
  2. Gunakan casing yang terbuat dari besi, agar ground bisa lebih maksimal.
  3. Idealnya buat satu titik ground yang menempel pada bodi casing, kemudian ground dari semua rangkaian, misalnya ground dari power, tone kontrol, equaliser, CT trave, dan lainnya di sambung jadi satu ke titik ground pada casing tersebut.

Sebenarnya jika kita menerapkan cara di atas, ground sudah bisa di katakan sempurna. Dan seharusnya sudah tidak ada suara dengung sama sekali. Ada juga para teknisi elektronika yang menggabungkan bagian dari potensio (besi di kepala potensiometer di kerik) untuk disambungkan dengan dengan titik ground pada body casing.

Kalau kita memakai casing yang terbuat dari besi, tidak perlu mengambil ground dari kepala belakang potensiometer, sebab saat ditempelkan atau di mur ke casing, secara otomatis potensiometer terhubung dengan ground pada body casing.

Usahakan gunakan kabel yang yang bagus (kabel yang isi serabutnya tebal atau besar) agar rangkaian grounding bisa sempurna, sehingga ground bisa hilang sama sekali.

Cara di atas bisa menghilangkan bisa dijamin menghilangkan dengung pada power rakitan asalkan komponen yang dipakai baru dan berkualitas bagus, atau paling tidak semua komponen dalam keadaan normal.

Setelah kita terapkan cara di atas tetapi dengung masih terjadi, maka langkah selanjutnya terapkan sesuai panduan di bawah ini.

  1. Cek pada bagian power supply, pastikan elco yang di gunakan sesuai standar. Jika perlu ganti dengan elco yang nilai micro-nya lebih tinggi. Lebih bagus lagi jika di ganti dengan elco yang bermerk, misalnya Panasonic (maaf menyebut merk).
  2. Pada rangkaian akhir power supply gunakan regulator ( biasanya komponen yang dipakai berkode 7812, 7815 atau 7912, 7915, dan lain-lain tergantung besaran tegangan keluaran-nya.

Solusi lain yang bisa diterapkan, jika cara di atas sudah dilakukan adalah dengan menjauhkan trafo dari rangkaian pre amp, atau mixer. Jika perlu gunakan box terpisah antara power supply dengan lainnya.

Ya walaupun kelihatannya cara ini tidak efisien, karena harus membuat box terpisah, tapi berdasarkan pengalaman cara ini sangat ampuh menghilangkan potensi bunyi dengung.

Memang menghilangkan bunyi dengung pada power rakitan, gampang- gampang susah. Terlebih jika power tersebut dirakit oleh pemula dan kurang berpengalaman sebelumnya pada bidang ini. Bisa jadi saat perakitan atau proses penyolderan komponen kurang bagus, misalnya penyolderan kurang sempurna sehingga komponen tidak menempel maksimal atau bisa juga penyolderan terlalu lama sehingga menyebabkan komponen rusak atau tidak berfungsi norma seperti seharusnya. Karena ada jenis komponen tertentu, misalnya transistor atau IC yang harus hati-hati saat penyolderan.

Oke demikian beberapa cara menghilangkan dengung yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan silahkan dicoba.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.
22 Comments

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *