Cara agar tidak mudah terpancing emosi

Diposting pada

Cara agar tidak mudah terpancing emosi


   Kita pasti pernah terpancing emosi, entah karena perbuatan orang lain atau pun hanya sekedar karena ucapan dari mulut orang lain.Bisa terjadi disituasi dan tempat manapun, baik di tempat kerja maupun di dalam kehidupan personal. Menyimpan perasaan negative sering menimbulkan perilaku emosi yang sering tidak kita sadari.

    Sudah sewajarnya kita tak bisa menyembunyikan emosi negative, betapapun pandainya kita menyimpan emosi negative tetap saja sikap kita akan merefleksikan apa yang kita sedang rasakan.
Yang terbaik bisa kita lakukan adalah mengatasi atau mengelola emosi itu.
Ada beberapa hal atau cara agar kita tidak mudah terbawa emosi .

1. Tidak mudah berasumsi.

    Tidak selalu menyimpulkan bahwa apapun yang di lakukan atau di ucapkan orang lain selalu berkaitan dengan kita.  Biarpun posisi maupun keadaan kita pada hal terburuk seperti yang di ungkapkan orang lain, anggap suatu kebetulan apa yang di katakan seseorang tanpa disengaja seperti yang terjadi pada diri kita.

2. Mengenal perasaan  diri sendiri.

   Disaat seseorang berucap memancing emosi, mulailah mengenali perasaan sendiri. Apakah dengan menyimpan perasaan emosi kita akan merasa lega? dan merasa kita tetap benar dan memposisikan orang lain salah?Ini artinya membela diri. Semakin kita berusaha membela diri, maka semakin lemah jiwa kita. Melepas emosi adalah hal terbaik karena akan membebaskan kita dari sesuatu yang melemahkan.

3. Menjaga jarak.

   Jika seseorang memulai dengan ucapan yang berindikasi memancing emosi, mulailah menjaga jarak, karena semua yang akan terjadi sudah dapat kita bayangkan.

4. Mengalihkan emosi

   Jika seseorang menyinggung perasaan, jangan berdiam diri!Segera ambil langkah mengalihkan emosi pada hal lain, ambil langkah kecil yang bisa mengalihkan perhatian dan sedikit demi sedikit akan terbebas dari emosi dan perasaan negative.
Cara agar tidak mudah terpancing emosi

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.