Sebelum Membeli Laptop, Perhatikan Beberapa Spesifikasinya

Sebagai contoh, cara cek spesifikasi laptop untuk kamu yang suka atau kerja di bidang desain grafis, penyuka game, dan lain sebagainya, pastikan spesifikasi di bagian processor tertera i3, i5, atau i7.

Selanjutnya VGA yang bertugas untuk menangani tampilan visual dari laptop yang akan kamu pilih. Pastikan VGA atau GPU berkapasitas di atas 1 GB atau memilih GPU discreet dari AMD ATI Radeon atau NVIDIA.

Baca Juga :  4 Aplikasi Panggilan Telepon Gratis Terbaik

Selanjutnya adalah RAM yang merupakan komponen penting terhadap kinerja laptop.Kamu tidak akan salah memilih karena kapasitas RAM untuk desain minimal RAM 2 GB, dan bisa saja kamu memilih RAM 4 GB demi kinerja yang lancar.

Cara Cek Spesifikasi Laptop
Cara Cek Spesifikasi Laptop

Cara Cek Spesifikasi Laptop

Spesifikasi yang Perlu Kamu Ketahui

Di atas sengaja saya beri informasi terkait cara cek spesifikasi laptop agar kamu, sebagai penyuka atau pekerja desain dapat memilih beberapa laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu pun perlu mengetahui beberapa hal yang patut diperhatikan sewaktu membeli laptop.

Dimulai dari perangkat lunak yang diinstal di dalamnya, hingga spesifikasi mengenai ukuran layar, ukuran daya baterai, prosesor, VGA, RAM, hardisk, dan komponen pendukung lainnya.

Pada pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang cara mengetahui spesifikasi laptop yang bisa kamu ketahui dari artikel ini sembari mencicipi sepotong kue dan secangkir kopi atau pun teh hangat.

Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Bagi kamu yang ingin mengetahui spesifikasi pada calon laptop, terdapat 4 cara di bawah ini yang memudahkanmu saat mengecek spesifikasi laptop pada Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

1. Memanfaatkan Sistem Informasi

  • Kamu bisa memulai dari membuka Windows Explorer pada calon laptop dengan cara menekan pada keyboard Windows+E secara bersamaan.
  • Setelah membuka, klik kanan pada pilihan My Computer atau bisa kamu pilih pada This PC, selanjutnya pilih ke menu Properties.
  • Seusai membuka menu Properties, kamu akan melihat beberapa informasi perihal spesifikasi (calon) laptop, seperti tipe, kecepatan, besar RAM, Prosesor, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan DXdiag

  • Silakan buka RUN atau tekan Windows+R secara bersamaan pada keyboard.
  • Setelah terbuka, silakan kamu mengetik kata dxdiag pada kolom Open.
  • Jika sudah, pilih dan klik OK.
  • Setelah terbuka, kamu akan melihat beberapa macam informasi terkait spesifikasi calon laptop yang akan kamu beli.
  • Di versi system, kamu akan melihat spesifikasi pada windows: 64 bit atau 32 bit.

Semoga dua cara cek spesifikasi laptop di atas bisa memberikan solusi atas pertanyaanmu. Sebelum membeli laptop, entah baru atau pun second, ada baiknya untuk mengeceknya agar pengalaman naas macam tertipu atau spesifikasi tidak sesuai kebutuhan tidak kamu alami.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *