Cara kalibrasi dan mengatur tekanan pada differential pressure switch

Cara kalibrasi Differential Pressure Switch

Seperti halnya pressure switch (sakelar tekanan), differential pressure switch (sakelar tekanan diferensial) juga dapat di kalibrasi pada titik tertentu yang diharapkan. Cara kalibrasi differential pressure switch (sakelar tekanan diferensial) sama dengan cara kalibrasi pressure switch. Perbedaanya adalah bahwa kalibrasi differential pressure switch lebih akurat dan lebih dibutuhkan modifikasi dalam prosedur kalibrasinya.

Baca Juga :  Jenis level sensor
differential pressure switch
Differential Pressure Switch

Prosedur kalibrasi differential pressure switch

Peralatan yang di butuhkan untuk kalibrasi:

  1. Sumber tekanan yang variable / dapat di rubah tekanannya, hal ini membutuhkan regulator.
  2. Multimeter digital atau lampu uji kontinuitas (continuity test lamp).
  3. Test gauge.

Set Up Kalibrasi

Langkah kalibrasi:

  1. Hubungkan sumber tekanan variable lengkap dengan test gauge ke port tekanan sisi HI pada switch.
  2. Hubungkan Lampu tes (test lamp) atau multimeter yang diatur pada posisi ohmmeter di C dan di NO.
  3. Naikkan tekanan dengan memutar regulator tekanan perlahan dan perhatikan test gauge untuk melihat nilai peningkatan tekanannya hingga sirkuit menjadi posisi menutup (close) / terhubung antara C dan NO.
  4. Perlahan turunkan tekanan dan catat hasil nilai tekanannya hingga sirkuit switch kembali terbuka/ putus antara C dan NO.
  5. Untuk menyesuaikan set point, putar sekerup pengatur set point sesuai ukuran tekanan yang di harapkan.
  6. Ulangi langkah-langkah di atas hingga menemukan pengaturan batas tekanan yang di harapkan pada set point terbuka dan tertutup-nya sirkuit di dalam unit differensial pressure switch tersebut.
Cara kalibrasi Differential Pressure Switch
Cara kalibrasi Differential Pressure Switch

Prosedur Kalibrasi akurat

Untuk mengkalibrasi secara akurat pada differential pressure switch, perlu untuk di lakukan simulasi.

Peralatan yang dibutuhkan untuk kalibrasi akurat pada differential pressure switch adalah:

  1. Pengukur tekanan diferensial, sebaiknya memakai jenis digital.
  2. Sumber tekanan variable.
  3. Block, bleed dan equalizer valve.
  4. Lampu uji continuity atau multimeter digital.

Langkah pertama menentukan set point yang terjadi pada saat peningkatan tekanan diferensial dan kalibrasi menggunakan salah satu dari berikut:

  1. Set point pada peningkatan tekanan diferensial (Increasing Differential Pressure).
  2. Set point pada penurunan tekanan diferensial (Degreasing Differential Pressure).

Langkah kalibrasi untuk set point peningkatan tekanan diferensial

Hubungkan katub (valve) yang ditunjuk di bawah ini dan kemudian lanjutkan ke langkah langkah sbb:

  1. Hubungkan lampu test kontinuitas atau multimeter digital ke C dan NO.
  2. Tutup katub bleed, buka katub equalizer dan tingkatkan tekanan yang sama pada keduanya yaitu HI dan LO untuk tekanan statis bahwa sakelar tekanan diferensial akan terlihat pada kondisi operasi normal.
  3. Dengan tekanan statis yang stabil, tutup katub equalizer untuk mengisolasi sisi HI dan LO.
  4. Jaga tekanan pada sisi HI tetap stabil, sedikit buka katub bleed sisi LO untuk mengurangi tekanan yang ada pada sisi LO (kenaikan tekanan diferensial) hingga tekanan diferensial yang diinginkan set point yang muncul pada pengukur tekanan diferensial. Tutup katub bleed untuk menstabilkan tekanan diferensial. Periksa status kontak pada switch.
  • Set point bagus jika: Titik kontak tepat pada saat terjadi peningkatan set point tekanan diferensial , ulangi kembali langkah 2-4 untuk lebih akurat menyesuaikan set point seperti yang diharapkan. Kalibrasi selesai.
  • Kontak terbuka set point terlalu tinggi. Jika kontak terbuka saat ada peningkatan tekanan diferensial tercapai, sesuaikan set point dengan memutar sekerup penyesuai hingga terjadi kontak. Ulangi l;angkah 2-4.
  • Kontak tertutup set point terlalu rendah. Jika kontak tertutup ketika meningkatnya tekanan diferensial tercapai, sesuaikan dengan memutar sekerup set point hingga kontak terlepas / terbuka. Dari titik ini, menyesuaikan set point lagi sampai terjadi kontak. Ulangi langkah 2-4.
Cara kalibrasi Differential Pressure Switch 2
Cara kalibrasi Differential Pressure Switch 2

Langkah kalibrasi mengatur set point pada penurunan tekanan diferensial

  1. Hubungkan lampu test kontinuitas atau multimeter digital di C dan NO / kontak terbuka (open).
  2. Tutup katup bleed, buka katup equalizer, dan naikkan tekanan yang sama pada kedua sisi yaitu HI dan LO ke posisi tekanan yang stabil dan normal.
  3. Dengan tekanan pada sisi HI yang normal stabil, tutup katup equalizer untuk mengisolasi sisi HI dan LO.
  4. Sedikit buka katup bleed sisi LO untuk mengurangi tekanan pada sisi LO (meningkatkan tekanan diferensial) sampai tekanan diferensial pengoperasian normal muncul pada pengaturan tekanan diferensial. Tutup katub bleed untuk menstabilkan tekanan diferensial. Kontak harus menutup pada waktu tekanan diferensial normal operasi tercapai. Jika kontak masih terbuka pada tekanan difernsial operasi normal, sesuaikan pada sekerup set point dengan memutarnya hingga terjadi kontak.
  5. Menjaga tekanan sisi HI stabi, sedikit membuka katup equalizer untuk meningkatkan tekanan sisi LO (penurunan tekanan diferensial) sampai tekanan diferensial yang diinginkan set point yang muncul pada pengukur tekanan diferensial. Tutup katup equalizer untuk menstabilkan tekanan diferensial. Periksa status kontak terhadap simulasi tekanan diferensial berikut dan ikuti petunjuk yang sesuai dengan status kontak:
  • Set point baik jika: Kontak terlepas tepat pada saat penurunan set point tekanan diferensial . Ulangi langkah 2-5 seperti yang di ingi8nkan untuk memverifikasi kalibrasi. Kalibrasi selesai.
  • Kontak terbuka – Set point terlalu tinggi, Jika kontak terbuka saat penurunan tekanan diferensial tercapai, sesuaikan set point sampai kontak terjadi. Dari titik ini, sesuaikan dengan memutar sekerup set point hingga kontak terlepas. Ulangi langkah 2-5.
  • Kontak tertutup – Set point rendah, Jika kontak tertutup ketika penurunan tekanan diferensial tercapai, sesuaikan dengan memutar sekerup set point sampai kontak terbuka. Ulangi langkah 2-5.
Loading...
loading...
Satu Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *