Cara Kerja Diac Dalam Rangkaian AC Switch

Diposting pada

Cara kerja diac atau Diode Alternating Current adalah sebuah komponen aktif elektronika yang memiliki dua terminal dan dapat menghantarkan arus listrik dari dua arah apabila tegangan melampaui batas Breakovernya.

Cara Kerja Diac
DIAC

Cara Kerja Diac

Tentang DIAC

DIAC adalah salah satu anggota dari thyristor, namun memiliki fungsi yang berbeda dengan Thyristor yang pada umumnya hanya menghantarkan arus listrik dari satu arah. Sedangkan DIAC memiliki fungsi yang dapat menghantarkan arus listrik dari kedua arahnya atau biasa di sebut dengan “Bidirectional Thyristor.

DIAC biasa di gunakan untuk membantu memicu TRIAC dalam rangkaian AC switch. Diac juga sering di gunakan untuk berbagai rangkaian. Seperti rangkaian lampu peredup atau sering juga di sebut Dimmer dan sebagai starter untuk lampu neon atau Florescent lamp.

Baca Juga :  Draught Gauge sebagai pemantau level kapal mengambang

Struktur DIAC

Dilihat dari sisi strukturnya, cara kerja diac terdiri dari 3 (tiga) lapis semi konduktor yang hampir mirip dengan transistor PNP.

Perbedaan dengan transistor PNP pada lapisan N di buat dengan tipis agar elektron mudah melewati lapisan N ini. Lapisan N pada DIAC di buat dengan ukuran cukup tebal agar elektron lebih sulit untuk menembusnya. Kecuali tegangan yang di berikan ke DIAC tersebut melebihi batas Breakover yang telah di tentukan.

Baca Juga :  Arti Kabel Nya Nym Dan Nyy Serta Perbedaan NYRGBY

Dengan memberikan tegangan yang melebihi batas breakover, DIAC akan dengan mudah menghantarkan arus listrik dari arah yang bersangkutan. Kedua terminal DIAC biasanya dilambangkan sebagai Anoda 1(A1) dan Anoda2 (A2) atau Main Terminal 1 (MT1) dan Main Terminal 2 (MT2).

DIAC merupakan sebuah komponen yang dapat menghantarkan arus listrik dari dua arah apabila di berikan tegangan yang melebihi batas Breakover. Pada dasarnya, DIAC mempunyai cara kerja yang sama seperti dua dioda yang di pasang secara paralel berlawanan.

Baca Juga :  Menghitung Energi dan Daya Listrik

Karakteristik DIAC

Karakteristik dari DIAC adalah memiliki arus penahan dalam salah satu dari dua arah yang memungkinkan dari terminalnya. cara kerja diac juga memiliki karakteristik tidak akan menghantarkan arus sebelum batas tegangan Breakdown terlampau oleh tegangan pada terminal terminalnya.

Cara Kerja Diac Rangkaian AC Switch, Pengertian dan Struktur

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.