Cara Kerja Piezoelektrik dan Pengertiannya

Pengertian Dan Cara Kerja PiezoelektrikListrik sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, tanpa listrik aktivitas serta pekerjaan kita akan terhambat. Karena listrik adalah sumber energi dari berbagai barang elektronik yang menjadi sarana dalam mempermudah pekerjaan kita.

Di Indonesia, sumber pembangkit listrik utama yang sekarang digunakan adalah bahan bakar yang terdiri dari fosil, yang akan segera habis apabila terus menerus digunakan. Selain persediaan yang terbatas, pembangkit listrik tenaga fosil juga mengakibatkan pemanasan global akibat pembuangan emisi gas karbon hasil pembakaran.

Baca Juga :  BIOS, Fungsi, Cara Kerja dan Arti Kode Beep yang Muncul
Cara Kerja Piezoelektrik
Cara Kerja Piezoelektrik

Pengertian Piezoelektrik

Energi altenatif mulai di rancang untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi penggunaan listrik dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil. Salah satu alternatif-nya adalah  Piezoelektrik.

Piezoelektrik merupakan pembangkit listrik yang dihasilkan dari gaya mekanik, efek Piezoelektrik akan timbul akibat gaya tekanan mekanik pada medan listrik, kata Piezoelektrik sendiri diambil dari dua gabungan kata yang berasal dari bahasa Latin. Yakni Piezein yang artinya ditekan dan Electric yang artinya energi listrik.

Cara Kerja Piezoelektrik

Pada percobaan menggunakan pemantik korek api tertekan akan menyebabkan palu pada pegas secara otomatis memukul kristal Piezoelektrik yang berbahan dielektrik. Jadi saat Anda memberikan tekanan pada bahan dielektrik, maka  akan terbentuk medan listrik.

Ketika medan listrik melewati bagian material, molekul yang dipolarisasi akan segera menyesuaikan dengan medan listriknya, menghasilkan dipole yang ter-induksi molekul dan struktur kristal materi. Penyesuaian molekul ini akan merubah material dimensi. Dan inilah yang disebut efek piezoelektrik.

Gaya listrik yang dihasilkan medan listrik dari suatu muatan dan usaha gerak mekanis adalah gaya kekal. Karena energi potensial listrik sifatnya berbanding lurus dengan tegangan, maka akan timbul tegangan ketika Anda menekan bahan dielektriknya.

Kesimpulan Piezoelektrik

Sifat efek Piezoelektrik yang berkaitan dengan momen terjadinya dipole di dalam padatan. muatan yang muncul pada permukaan dielektrik memiliki keterkaitan dengan polarisasi.

Kesimpulannya, Piezoelektrik merupakan efek dari gabungan perilaku listrik dari bahan, dan pengaruh muatan bebas yang merupakan hasil dari medan listrik luar yang dinyatakan oleh perpindahan (D). Besaran ini masih berhubungan dengan kekuatan medan listrik pada dielektrik (E).

Itulah pengertian dan cara kerja Piezoelektrik yang dapat dijadikan alternatif penghasil tenaga listrik yang ramah lingkungan dan tidak membutuhkan bahan bakar.

Banyak negara-negara maju yang telah memproduksi beberapa alat yang di adaptasi dari teknologi Piezoelektrik. Seperti pada penerapan Piezoelektrik untuk sepatu olah raga, printer injeksi, dan lain sebagainya.

Demikian artikel Cara Kerja Piezoelektrik dan pengertian tentang Piezoelektrik, semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *