Cara Kerja Rangkaian Sensor Ultrasonik Dan Prinsip Kerjanya

Diposting pada

Cara kerja rangkaian sensor ultrasonik dalam dunia elektronika, anda pasti telah mengenal berbagai macam sensor dan transduser.  Dan bagi anda yang belum mengetahuinya, kami akan menjelaskan apa itu sensor. Sensor adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi adanya sebuah perubahan, baik perubahan secara fisik maupun secara kimia. Kita sering mengenal macam-macam sensor seperti sensor cahaya, sensor suhu, sensor gerak, dan masih banyak lagi macam-macam sensor yang lain.  Dari beberapa sensor di atas, ada sebuah sensor yang bernama sensor ultrasonik.

Prinsip Cara Kerja Rangkaian Sensor Ultrasonik

Apa itu sensor ultrasonik? cara kerja rangkaian sensor ultrasonik ic adalah sebuah sensor yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran fisis atau bunyi menjadi sebuah besaran listrik, dan begitu pun sebaliknya. sensor ini memiliki prinsip kerja yang cukup sederhana, dengan berdasarkan pantulan sebuah gelombang suara sehingga dapat digunakan untuk mendefinisikan eksistensi atau jarak suatu benda dengan frekuensi tertentu. Sensor ini juga banyak di gunakan dalam berbagai macam bidang, sama seperti sensor-sensor yang lain. Sensor ultrasonik mempunyai prinsip kerja yang sederhana.

Sensor ultrasonik menggunakan sebuah gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang sangat tinggi hingga mencapai 20.000 Hz yang tidak dapat di dengar oleh telinga manusia. Dan suara dengan frekuensi setinggi itu, hanya dapat didengar oleh hewan tertentu seperti kucing, anjing, kelelawar, dan lumba-lumba. Dan bunyi dari sensor ultrasonik tersebut dapat merambat melalui benda padat, cair, ataupun gas. Dan yang harus anda ketahui adalah frekuensi ini dapat merambat dengan baik pada benda cair. Tak heran jika sensor ini banyak diaplikasikan pada kapal selam dan alat-alat untuk mengukur kedalaman air laut. Dan yang sangat di sayangkan adalah sensor ini dapat diserap oleh benda-benda berbahan tekstil dan busa.

Baca Juga :  Rangkaian Amplifier Sederhana Dan Pemasangannya

cara kerja rangkaian sensor ultrasonik.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa cara kerja dari sebuah sensor ultrasonik adalah dengan menggunakan pantulan suara. Pada sensor ultrasonik, gelombang ultrasonik dibangkitkan melalui alat yang di sebut dengan piezoelektrik. Gelombang tersebut pada umumnya memiliki frekuensi sekitar 40kHz.  Secara sederhana, sensor ultrasonik akan menembakkan gelombang ultrasonik menuju sebuah objek tertentu. Dan setelah gelombang menyentuh objek, maka gelombang akan dipantulkan kembali ke sensor tersebut. Sensor akan menghitung selisih antara waktu pengiriman dan penerimaan gelombang pantul.

Baca Juga :  Rumus Trafo Yang Digunakan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dari gambar di atas, menunjukkan bahwa sinyal yang dipancarkan oleh sensor ultrasonik berupa gelombang bunyi dengan kecepatan 340 m/s. sinyal yang dipantulkan dan diterima kembali oleh sensor dapat di hitung dengan rumus S = 340.t/2, dimana S adalah jarak sensor dengan objek pantul, dan t adalah selisih waktu saat gelombang di pancarkan dan diterima.

Baca Juga :  Peluang Kerja Lulusan Elektronika

Berikut adalah ulasan tentang sensor ultrasonik yang menjelaskan tentang pengertian dan cara kerja rangkaian sensor ultrasonik. Dan pastinya anda telah memahami tentang pengertian dan cara kerja dari rangkaian tersebut. selamat belajar elektronika

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.