Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki

Diposting pada

Cara Kerja Relay ~ Pada dasarnya Relay adalah alat elektromagnetik yang difungsikan untuk memberikan gerakan mekanik saat mendapatkan tegangan arus listrik. Relay ini pada dasarnya dapat disebut dengan otak dari seluruh rangkaian listrik pengendali.

Dapat disimpulkan bahwa relay ini adalah komponen / saklar yang di bergerak Karena timbulnya aliran listrik. Memasang Relay tidak dapat kita lakukan dengan sembarangan, pertama-tama kita harus mengetahui dulu fungsi relay yang kita miliki.

Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki
Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki

Cara Kerja Relay

Ada banyak jenis relay. Jenis relay ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda yang bergelut dibidang kelistrikan. Relay jenis ini mempunyai 8 kaki yang memiliki fungsi sendiri-sendiri untuk berbagai keperluan. Relay ini juga disebut dengan Relay L2Y Omron.

Nah, bagaimana cara kerja Relay L2Y ini?

Digunakan untuk Alarm atau Genset. Masing-masing kaki-kaki pada komponen listrik ini mempunyai simbol yang berbeda-beda. Mari kita mengenal lebih jauh tentang kaki-kaki pada komponen Relay L2Y ini.

Kode angka pada relay ini dibagi menjadi 1,2,3,4,5,6,7 dan 8. Selain untuk penanda, ini juga berfungsi sebagai pembeda fungsi pada masing-masing kakinya.

Mengenal NO, NC dan CO:

  • NO (Normally Open)
  • NC (Normally Close)
  • CO (change Over)
Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki Koneksi Kaki-kaki
Koneksi Kaki-kaki Relay

Kenali lebih dulu cara kerja komponen listrik ini, sehingga Anda dapat memasangnya dengan baik dan benar. Cara kerja relay pada umumnya di urutkan berdasarkan kode nomor kaki yang berbeda, berikut fungsi dan penomoran pada kaki-kaki relay:

  • Kaki 1 dan 2: Ini adalah kondisi di mana output dalam posisi NC.
  • Kaki 3 dan 4: output yang dihasilkan adalah NO.
  • Kaki 5 dan 6: kaki relay ini punya fungsi sebagai penerima input sumber arus listrik. Pemasangan input kode kaki 5,6 biasanya bebas dilakukan. Artinya ketika sehelai kabel dipasang terbalik maka arusnya tidak akan terpengaruh. Jadi bebas-bebas saja dalam pemasangannya.
  • Kaki 7 dan 8: kaki ini berfungsi sebagai CO.
  • Kualitas Relay 8 kaki merek omron ini tergolong bagus dan recommended. Namun tidak ada salahnya membeli Reyal 8 kaki dengan merek lain. Tapi pastikan dulu bahwa fungsi setiap kakinya sama.
Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

4 thoughts on “Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki

  1. Mas abi artikelnya bagus2 saya sangat menyukainya… Semoga terus sehat dan selalu dapat berkarya membuat artikel2 tentang dunia kelistrikan… Salam

  2. Gan, bisa di ga bikin relay, untuk pasang di solenoid mesin cuci memakai relay mk2pi di pompa air manual, sehingga ketika mesin cuci butuh air solenoid terbuka dan pompa air manual hidup karna di pasangi relay mk2pi yg terhubung dgn solenoid, masalahnya ane tidak tau merangkainya takut konsleting listrik? Apa agan bisa membantu sket pasangnya? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.