Teknis Cara Memasang Plumbing Pipa Untuk Closet di Rumah Berlantai 2

Perlu kamu ketahui bila kebocoran tersebut sering terjadi karena rembesan air di sekeliling pipa air buangan (air mandi dan closet), seperti yang akan saya tuliskan pada artikel kali ini adalah cara memasang plumbing agar bertahan lama dan mencegah kebocoran.

Cara Memasang Plumbing
Cara Memasang Plumbing

Cara Memasang Plumbing

Proses Pemasangan Pipa

Cara memasang plumbing harus diketahui dan dipahami sejak awal, lebih tepatnya melakukan proses pemasangan (pengecoran) pipa dengan baik dan kuat.

Untuk pemasangan pipa sebaiknya kamu lakukan sejak awal pada saat pengecoran plat beton rumah lantai 2, tetapi ada kalanya kondisi memaksamu untuk melakukan pemasangan pipa di lain hari atau belakangan.

Cara Pemasangan Pipa Air Buangan di Lantai 2

Sebagai informasi, pemasangan pipa pada lantai beton yang sudah dicor, saya lampirkan penjelasan agar menambah informasi untukmu di bawah paragraf ini.

  1. Melubangi lantai beton. Kamu perlu membuat lubang berdiameter 15 sentimeter, karena saya merencanakan untuk memberi pipa berdiameter 4 inci akan dicor dengan lubang tersebut. Sehingga kalau diperkirakan masih terdapat jarak antara permukaan luar pipa dan beton sebesar 2 sentimeter di sekeliling pipa 4 inci tersebut.
  2. Masukkan pipa 4 inci ke dalam lubang yang sudah dibuat tepat di tengah lubang. Langkah ini memberikan jarak sebesar 2 sentimeter di sekeliling pipa tersebut.
  3. Pasang mel bekisting di bagian bawah pipa lantai beton. Pada saat menggunakan tripleks, saya sarankan untuk memilih tripleks yang tebal dan diikat pada plat beton, sehingga tetap kuat sewaktu melakukan proses pengecoran.
  4. Lakukan pengecoran pada sekeliling pipa 4 inci. Silakan memulainya dari permukaan plat lantai beton. Dengan menggunakan semen khusus yang berbahan adaptif, pengecoran perlu kamu lakukan dengan hati-hati, padat, dan rapi.
  5. Langkah terakhir adalah membiarkan beberapa hari hingga benar-benar kering dan kuat. Kamu perlu memperhatikan sebelum melakukan pekerjaan waterproofing pada lantai beton dan pemasangan keramik.

Saya menyarankan untuk penggunaan closet di rumah lantai 2 sebaiknya menggunakan closet bercorong.

Sekian dari saya, semoga informasi tentang cara pemasangan plumbing pada closet rumah lantai 2 memberikan jawaban atas pertanyaanmu. Sampai jumpa dan terima kasih.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.