Cara membaca nilai Kapasitor / Kondensator berbagai jenis

Sebagian besar kapasitor menunjukkan nilai secara tertulis pada bodi-nya, apa saja spesifikasi pada kapasitor yang sering dituliskan pada bodi-nya? Yaitu nilai kapasitansi, nilai tegangan kerja dan toleransi.

Nilai kapasitor sering ditunjukkan dengan nilai uF (mikro farad), nF (nano farad), atau pF (piko farad), dengan toleransi rata-rata 10% atau 20% dengan penunjukkan tegangan kerja bisa tegangan DC (Direct Current) maupun jenis tegangan AC (Alternating Current).

Baca Juga :  Prinsip Amplifier (penguat) hubungannya dengan Hukum Kekekalan Energi

Beberapa produsen kapasitor menggunakan dua jalur terpisah sebagai tanda kapasitor yang memiliki maksud sebagai berikut:

  • Baris pertama: nilai kapasitansi (dalam pf atau uF) dan nilai toleransi (K= 10%, M= 20%)
  • Baris kedua : nilai tegangan dan kode bahan dielektrikanya.

Sebuah tanda berupa tiga digit angka umumnya digunakan untuk menandai jenis kapasitor keramik monolitik. Dua digit pertama adalah sesuai dengan angka nilai, sementara digit ketiga adalah sebagai penunjuk jumlah angka nol yang ditambahkan sebagai nilai dalam picofarad (pF).

Baca Juga :  Membuat rangkaian pemancar AM

Misalnya nilai berikut:

Sebuah kapasitor monolitik menunjukkan angka pada bodinya adalah 103K, berapakah nilai kapasitor tersebut?

Cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Nilai picofarad diberikan pada dua digit angka pertama yaitu: 10, kemudian diikuti dengan jumlah angka nol dibelakangnya yang ditunjukkan pada digit ke tiga yaitu: 3. Maka nilai yang didapat adalah 10.000pF atau menjadi 10nF. Lalu apa maksud huruf pada akhir angka yaitu: K, Huruf K pada akhir nilai pada kapasitor adalah nilai toleransi, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.

Baca Juga :  Thyristor, Pengertian , Jenis, Konstruksi dan Fungsi
Cara membaca nilai gelang kapasitor
Cara membaca nilai gelang kapasitor

Sebuah kapasitor tubular dengan tanda nilai adalah berupa warna gelang sebagai berikut: coklat, hijau, cokelat, merah, cokelat. Berapa nilai toleransi, nilai kapasitansi dan nilai tegangan kerja?

Cara membaca nilai kapasitor dari warna gelang
Cara membaca nilai kapasitor dari warna gelang
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *