Jangan Anggap Cara Membuat Antena Router Wifi itu Sulit!

Kalau pun solusi, mungkin kamu akan memilih atau membeli Wireless adapter di toko elektronik yang harganya bisa membuat kantongmu kempes. Daripada membeli, saya menyarankan untuk membuat sendiri. Jangan khawatir, pada artikel ini akan saya ulas tentang cara membuat antena router wifi.

Cara Membuat Antena Router Wifi
Cara Membuat Antena Router Wifi

Cara Membuat Antena Router Wifi

Bahan dan Alat Router Wifi Mudah Didapatkan

Cara membuat antena router wifi terbilang mudah dan kamu pun bisa menggunakan beberapa barang di sekitarmu tanpa memerlukan software baru, dan tidak perlu membuka casing atau mengotak-atik komputermu. Oh iya, harga yang akan kamu keluarkan dari dompet lebih sedikit daripada membeli.

Nah, yuk memulai melengkapi komponen dan peralatannya.

Bahan dan Alat yang Diperlukan Beserta Langkah Membuat

1. Tahap pertama dalam mendapatkan “dongle” adapter LAN Wireless USB.

Perangkat ini seukuran ibu jarimu yang digunakan untuk menghubungkan jaringan wifi ke komputermu. Silakan memilih alat ini dengan kompatibilitas terbaik yang berisi 802.11b dan 802.11g.

2. Beli kabel ekstensi USB pasif.

Kamu perlu membeli kabel Tipe A (laki-laki) dengan ujung Tipe A (perempuan). Alat ini memiliki fungsi sebagai penghubung adapter USB Wifi ke port USB komputermu.

3. Silakan mencari piringan tertutup yang bertautan

Kamu bisa menggunakan peralatan masak “skop” Asia yang bentuknya seperti wajan, tetapi saling bertautan dan biasa digunakan untuk menggoreng. Memilih alat dapur ini akan memudahkanmu karena bentuk yang sempurna dan dilengkapi gagang kayu panjang.

Kalau kamu tidak memilikinya, bila mengganti dengan saringan, steamer, tutup panci, dan tutup lampu asalkan berbentuk piringan dan terbuat dari bahan logam agar sinyal yang kamu dapatkan lebih baik daripada bahan biasa.

4. Rakit sistemnya

Dimulai dari pemasangan dongleWifi dan kabel ekstensi USB pada piringan menggunakan kabel, selotip atau pun menggunakan lem tembak.

5. Dongle harus kamu tempatkan di titik fokus puncak “hot spot”

Dari piringan tersebut, maka sinyal radio akan datang dan memantul kearah tengah, beberapa jari di atas permukaan piringan.

6. Titik lokasi dongle terbaik

Bisa kamu temukan  dengan cara melakukan eksperimen sederhana. Salah satu metode untuk mengarahkannya adalah membungkus piringan menggunakan aluminium foil dan melihat pantulan sinar matahari pada piringan tersebut.

Maka akan tampak titik yang paling mendapatkan cahaya merupakan hot spot dari piringan tersebut. Eh, jangan lupa untuk menyediakan tongkat panjang sebagai penopang untuk mengangkat dongle dari permukaan piringan.

Kamu bisa menggunakan tali yang diikatkan melintang di bagian muka piringan seperti jaring laba-laba, dengan fitting selang taman dari plastik yang kamu lubangi, atau bisa juga menggunakan sumpit bekas.

7. Langkah terakhir adalah mencolokkan antena

Lalu memasukkan ujung laki-laki dari kabel ekstensi USB ke komputermu, dan tetapkan antena itu sebagai kartu WIFI-mu dengan menggunakan setingan jaringan. Lantas arahkan piringanmu untuk menemukan pemancar Wifi remote yang kamu ingin akses.

Jika ingin, kamu bisa menggunakan pointer laser genggam untuk memeriksa arah yang sudah ditentukan kira-kira sudah tepat pada pemancar Wireless atau belum. Dan silakan fine tune piringanmu. Setelah kamu terhubung, setel piringan tersebut dengan menyesuaikan dongle sembari melihat sinyal meter lewat komputermu.

Demikianlah informasi tentang cara membuat antena router Wifi yang bisa saya tuliskan untukmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *