Bikin Drone Sendiri lebih keren Yah! Ini Dia Cara membuat drone sederhana

Cukup luangkan waktu sekitar tujuh hingga sepuluh menit untuk membaca artikel yang membahas cara membuat drone sederhana ini.Para pembeli, termasuk saya, menggunakan drone untuk segala hal yang sebelumnya tidak mungkin atau sulit dilakukan, seperti merekam sebuah tempat wisata lewat atas atau udara, merekam situasi keramaian, dan lain sebagainya.

Sayangnya tidak semua kalangan mampu membeli alat ini, karena harga yang dipatok oleh produsen dan toko acapkali memperkosa kantong. (dan tidak semuanya paham dan mengerti cara membuat drone sederhana yang ternyata gampang ini). Setelah melihat kondisi di luar macam itu, saya memiliki solusi bagi kamu yang ingin meluangkan waktu membuat drone. Daripada membeli, lebih baik menghemat.

Baca Juga :  Toshiba memperkenalkan SSD memori flash 3D 64-layer dalam satu paket
Cara Membuat Drone Sederhana
Cara Membuat Drone Sederhana

Cara Membuat Drone Sederhana

Berikut ini adalah cara membuat drone sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa menyiksa kantong kamu. Oh iya, kamu bisa mendapatkan bahan rakitan drone di toko elektronik di sekitar rumahmu.

Sebelum merakit drone sederhana, kamu perlu menyediakan komponen utama, yaitu rangka atau frame, motor, baterai dan charger, flight control board atau FCB, propeller, dan remote.

Komponen Utama

1. Rangka (frame)

Cara Membuat Drone Sederhana Kompnen Rangka Drone
Rangka

Merupakan bagian yang penting dari drone.Kamu memerlukan empat lengan sebagai tempat motor dan propeller karena yang kamu buat adalah quadcopter. Kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan untuk membuat rangka, seperti aluminium atau pun kayu.

Bila kamu kesulitan, bisa saja kamu membeli rangkadrone yang siap pakai. Perhatikan berat, ukuran, dan bahan rangka agar rangka buatanmu memiliki stabilitas yang baik saat digunakan.

2. Motor

Cara Membuat Drone Sederhana Komponen Motor
Motor

Motor yang bisa kamu gunakan padadrone adalah jenis motor outrunner atau brushless. Seperti yang saya katakan tadi, quadcoptermemerlukan 4 buah motoroutrunner atau brushless.

Ukuran yang bisa digunakan oleh motordari dua jenis tadi adalah kilovolt. Sebelum membeli, adabaiknya melihat spesifikasi yang kamu butuh kan, seperti jumlah ampere ESC yang kamu butuh kan dan ukuran baling-baling.

3. Baterai dan charger

Cara Membuat Drone Sederhana Komponen Baterai dan Charger
Baterai dan Charger

Yang digunakan pada drone berjenis Li-Po atau LitiumPolimer. Sewaktu kamu memilih baterai drone, saya sarankan untuk memperhatikan beberapa hal, yaitu kapasitas baterai, pemilihan jumlah cell, dan jenis konektor. Sebagai informasi, satu cell baterai jenis Li-Po memiliki ukuran 3,7 volt. Kalau kamu ingin, bisa memilih banyak cell, yang berarti makin besar ukurannya.

4. Flight Control Board (FCB)

Cara Membuat Drone Sederhana Komponen Flight Control Board
Flight Control Board

Memiliki fungsi seperti otak manusia, karena di dalam FCB terdapat berbagai macam fitur: GPS, accelerometer, gyro, dan sebagainya. Saya sarankan agar kamu membeli FCB siap pakai karena membuatnya cukup sulit dan memerlukan komponen yang banyak.

5. Baling-baling (Propeller)

Cara Membuat Drone Sederhana Komponen Baling-baling
Baling-baling

Yang kehadirannya sangat penting agar drone dapat terbang.Pada quadcoptermembutuhkan 4 baling-baling: 2 baling-baling berputar melawan arah jarum jam, dan 2 sisinya berputar searah jarum jam. Dalam membuat baling-baling harus presisi agar drone terbang tanpa hambatan.

6. Remote

Cara Membuat Drone Sederhana Komponen Remote
Remote

Yang kamu gunakan pada drone harus memiliki 4 Channel yang terdiri atasthrottle, yaw, roll, dan pitch. Untuk remote mode advancesering kali dilengkapi oleh beberapa fitur untuk keperluanmu merekam hingga flight mode.

Nah, jika kamu sudah mengetahui komponen utamadrone, cara membuat drone sederhanaselanjutnya ada baiknya jika kamu melihat beberapa video cara membuat drone sederhana agar mempermudah langkahmu.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *