Gunakan Tegangan Rendah agar Lampu LED Tahan Lama

Banyak yang kini mencari-cara hemat, cara membuat lampu LED. Banyak masyarakat mulai menggunakan lampu LED sebagai dekorasi atau pun kebutuhan akan penerangan, karena pada dasarnya lampu mengubah listrik menjadi cahaya. Lampu LED diminati karena cahaya yang dihasilkan lebih terang dan juga hemat energi.

Saya menggunakan lampu LED sebagai penerangan di rumah dan konsumsi listrikdapat menghemat 30 persen hingga 50 persen bila dibandingkan denganlampu konvensional. Setelah membaca keunggulan lampu LED, mungkin kamu mulai berpikir untuk membeli atau membuatnya sendiri agar lebih hemat.

Baca Juga :  Hati-Hati Banyak Powerbank Palsu, Baca Tips Ini Sebelum Membeli

Nah, pada artikel ini saya akan menuliskancara membuat lampu LED yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

Cara Membuat Lampu LED
Cara Membuat Lampu LED

Cara Membuat Lampu LED

Langkah Membuat Lampu LED

Langkah pertama cara membuat lampu LED yang harus kamu lakukan adalah membeli komponen-komponennya, seperti 1 buah resistor 1K 3W, 1 buah kapasitor 0,22 uF, dan 24 buah (atau bisa kurang) LED. Dari ketika komponen tersebut kamu bisa membuat lampu LED 220v yang bisa kamu pasang di rumah.

Soal harga, jangan takut untuk membeli karena saya jamin kantongmu tidak akan kempes untuk membeli 3 komponen tersebut.

Gunakan Tegangan yang Rendah Demi Lampu LED Tahan Lama

Rangkaian LED yang kamu buat dapat digunakan pada listrik bertegangan 220 volt 1 frasa dari PLN. Susunan LED yang kamu buat lebih efisien atau konsumsi listrik jauh lebih hemat dibandingkan lampu lain jenis. Rangkaian yang kamu buat hanya memakan daya sebesar 24 watt saja sewaktu digunakan.

Namun perlu kamu ketahui kalau lampu LED hingga saat ini bisa bekerja atau menyala pada tegangan 3 volt yang cahaya dihasilkan tampak redup, Tetapi usia lampu LED akan lebih lama. Kamu bisa memberikan tegangan di atas 3 volt pada lampu LED demi cahaya yang terang, namun siap-siap terhadap usia lampu yang cepat atau mudah rusak. Maka, saat membuat lampu LED sesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan atau ruang.

Selanjutnya adalah langkah kedua atau langkah terakhir cara membuat lampu LED. Kamu hanya perlu menyusun rangkaian lampu LED yang terdiri atas kumpulan lampu LED yang kamu beli. Sebagai contoh, bila kamu menyediakan 9 buah lampu LED yang disusun menggunakan model rangkaian campuran. 3 lampu LED silakan digabung menggunakan rangkaian seri hingga kamu bisa mendapatkan 3 blok rangkaian seri.

Selanjutnya, 3 rangkaian seri disusun secara pararel. Lalu kamu bisa memberikan tegangan listrik ke rangkaian lampu LED sebesar 12 volt dengan diberikan resistor 40 Ohm untuk masing-masing blok rangkaian seri yang terdiri atas 3 lampu LED. Akan saya bagikan gambar skema lampu LED yang bisa memudahkanmu dalam membuatnya (gambar diatas)

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *