Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Di Rumah Dengan Solar Panel

Membuat Listrik Tenaga Surya

Bahan bakar minyak dan batu bara yang saat ini digunakan PLN untuk menghasilkan listrik, merupakan bahan yang berasal dari fosil berjuta tahun yang lalu. Yang akan semakin menipis apabila digunakan terus menerus. Selain menipis, gas buangan yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara pada pembuatan pembangkit listrik negara saat ini, akan meningkatkan emisi karbon yang mengakibatkan pemanasan global pada lingkungan. Solusinya adalah membuat listrik tenaga surya.

Baca Juga :  Pemanfaatan Energi Biomassa Sangat Menguntungkan Lingkungan

So, apa salahnya beralih ke PLTS yaitu pembangkit listrik tenaga matahari / surya, yang ramah lingkungan dan hemat secara finansial??

Tidak sulit mewujudkan pembangkit listrik tenaga surya di rumah Anda, karena kita berada di negara yang memiliki intensitas cahaya matahari yang sangat tinggi secara geografis. Dan teknologi solar panel saat ini sudah lebih terjangkau.

Baca Juga :  Tahapan Memasang Instalasi Listrik Di Rumah
Gambar Ilustrasi Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Di Rumah Dengan Solar Panel
Gambar Ilustrasi Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Di Rumah Dengan Solar Panel

Baca juga : Penyearah tiga fase (Three-phase rectifiers)

Hal-hal Yang Harus Diketahui Dalam Membuat Listrik Tenaga Surya :

1. Hitung Berapa Kebutuhan Listrik

Anda bisa melihat angka kilo watt per-jam atau kWh yang Anda perlukan dalam struk tagihan listrik Anda tiap bulannya, dari situ Anda bisa mengidentifikasi kira-kira berapa kWh daya yang Anda butuhkan setiap harinya.

2. Berapa Lama Waktu Yang Di Butuhkan

Katakan kebutuhan listrik Anda 200 watt perjam, lalu waktu yang Anda gunakan sekitar 12 jam. Maka seluruh konsumsi daya beban Anda dalam satu hati adalah 2.400 kWH, dihasilkan dari kebutuhan listrik yaitu 200 watt dikali waktu penggunaan 12 jam.

3. Menghitung Jumlah Baterai Untuk Mensuplai Daya

Dengan contoh asumsi di atas, total beban daya yang dibutuhkan perhari adalah 2.400 watt, Anda bisa menambahkan inverter untuk merubah arus DC menjadi AC. Kenapa harus dirubah? Karena mayoritas perangkat elektronik menggunakan arus AC atau arus-bolak balik daripada arus DC atau arus searah.

Dengan menambahkan inverter, maka Anda telah menambahkan sekitar 20 persen energi listrik untuk menunjang kebutuhan listrik 2.400 watt yang Anda butuhkan dalam satu hari. Inverter ini merupakan perangkat lain di luar panel surya.

Sehingga daya yang akan dihasilkan apabila ditambah 20%, maka total seluruhnya adalah 2.880 watt yang dihasilkan dari rumus 2.400 x (2.400 x 20%).

Daya 2.880 watt ini harus dibagi dengan 12 V yang merupakan tegangan umum pada baterai, sehingga kuat arus yang akan butuhkan sekitar 240 Ampere. Dan jika baterai yang Anda gunakan antara 65 Ah 12 V, maka dibutuhkan sekitar 4 baterai untuk mendapatkan 3.120 watt.

Baca juga penjelasan tentang Dasar-dasar perancangan Instalasi Listrik

4. Menentukan Jumlah Solar Panel

Setelah menghitung beban daya dan baterai yang dibutuhkan, Anda bisa menghitung jumlah Solar Panel yang dibutuhkan. Apabila daya sekitar 3.120 watt, maka Anda bisa menghitung Solar Panel-nya dengan rumus berikut.

Apabila ukuran panel yang akan Anda gunakan adalah 100 watt peak, maka dalam satu hari suplai yang dihasilkan panel ini kurang lebih 500 watt. Yang dihasilkan dari rumus 100 wp kali efektivitas waktu rata-rata sinar matahari. Di Indonesia rumus baku efektivitas rata-rata sinar matahari adalah 5 jam.

Nah, apabila satu panel-nya menghasilkan 500 watt maka untuk menghasilkan 3.120 watt Anda membutuhkan sekitar 7 panel. Akan lebih baik jika jumlah panel Anda lebihkan.

5. Biaya Pemasangan Solar Panel

Ini cukup menguras kantong memang, akan tetapi apa yang kita bayar saat ini dan manfaat yang akan kita peroleh kelak sudah sepadan dan selayaknya. Sistem dan seluruh perangkatnya berada di kisaran harga $9 -$10 (dolar Amerika) untuk per watt-nya.

Katakan Anda menggunakan 7 panel dengan daya 100 wp, maka Anda tinggal mengalikan jumlah panel dengan besar daya wp. Estimasi biaya yang harus Anda keluarkan sekitar 700 watt x $10 = $7,000.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dan Anda perhitungkan sebelum memasang membuat listrik tenaga surya PLTS dengan Solar Panel di rumah. Dari sekian banyak kelebihan, bisa kami simpulkan kelemahan produk ini hanya pada mahalnya biaya pemasangan dan daya akan menurun apabila cuaca mendung.

Artikel yang berhubungan dengan sumber tenaga listrik :

Sumber Tegangan

Tegangan dan hambatan Listrik

Pengertian dasar tegangan listrik

Sistem sumber daya listrik Bandara Sepinggan

Analisa rangkaian listrik

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *