Cara Membuat Mic Untuk Rekaman Sendiri

Diposting pada

Cara Membuat Mic Untuk Rekaman Sendiri

Cara Membuat Mic Untuk Rekaman Sendiri: Apakah anda mempunyai hobi bernyanyi? Atau anda ingin membuka sebuah home recording,atau bahkan anda ingin menjadi seorang youtuber?

Jika iya, yang harus anda ketahui, bahwa keinginan anda ini, tidak terlepas dari sebuah microphone atau mic sebagai penangkap suara yang harus anda miliki. Dan tentunya microphone atau mic yang anda miliki harus mempunyai kepekaan terhadap suara yang di tangkap.

Suara yang telah di tangkap oleh mic, nantinya akan di alirkan ke dalam rangkaian khusus, seperti pengeras suara ataupun pada perekam suara. Dan bagus atau tidaknya suara yang di hasilkan juga sangat tergantung dari microphone atau mic yang anda gunakan pastinya.

Dan yang harus anda tahu, secara garis besar, ada dua jenis micropone atau mic yang ada saat ini yaitu, yang pertama adalah mic condenser dan yang kedua adalah mic dynamic.

Baca Juga :  Perhitungan pada Tranformator Inti Besi / Baja

Dan dari kedua jenis mic tersebut, mic condenser paling banyak di cari karena sifatnya yang lebih simple dan mudah untuk di gunakan. Dan tentunya dengan kepekaan yang di miliki, terlebih untuk anda yang ingin membuka sebuah home recording ataupun anda ingin menjadi seorang youtuber.

Mic condenser ini sangat menunjang keinginan anda tersebut.dan biasanya mic condenser memiliki ukuran yang kecil. Meski ada pula beberapa brand tertentu yang mengeluarkan mic condensere dengan ukuran yang besar. Mic condenser paling banyak di cari.

Cara Membuat Mic Condenser Berukuran Mini

Kali ini kita akan membahas, bagaimana cara untuk membuat mic condenser dengan ukuran mini. Dan bagi anda yang belum tahu, bahwa mic condenser adalah jenis mic yang memiliki dua jenis plat yang mempunyai ukuran yang tipis, yang berfungsi sebagai diafragma.

Kedua plat diafragma tersebut mempunyai tugas untuk menerima setiap getaran ataupun perubahan tekanan udara yang berasal dari luar pada setiap detiknya sehingga akan menghasilkan getaran.

Baca Juga :  Penyebab Dengung Pada Power Amplifier Dan Cara Mengatasinya

Sebuah Mic condenser dapat merespon dan menangkap suara dari jarak yang jauh dan dengan frekuensi yang tinggi. Mic dengan jenis condenser ini, tidak dapat bekerja jika tidak anda tegangan yang di terima.

Hal ini sangat berbeda dengan mic jenis dynamic yang dapat langsung anda gunakan setelah terhubung ke pre amp mic. Dan kebanyakan orang mengira bahwa membuat satu set mic condenser adalah hal yang sangat sulit untuk di lakukan.

Jika anda mengira hal itu sulit, sebenarnya hal itu tidak benar. Kita dapat membuat mic condenser mini yang sederhana sendiri dengan menggunakan komponen-komponen yang dasar dalam ilmu elektronika.

Dan untuk kualitas yang di hasilkan pun terbilang sangat peka, dan tidak kalah dengan mic condenser yang siap pakai yang di jual di toko-toko, dan tentunya dengan harga yang mahal. dan di bawah ini adalah sebuah skema rangkaian untuk mic condenser dan komponen apa yang harus di gunakan.

Baca Juga :  Perhitungan Gain Amplifier (penguat)

Cara Membuat Mic Untuk Rekaman

Komponen Untuk

Membuat Mic Condenser

Adapun daftar komponen yang harus anda ketahui dan persiapkan dalam membuat mic condenser untuk rekaman adalah sebagai berikut.

  • R1 : Resistor 10K
  • R2 : Resistor 220K
  • R3 : Resistor 5,6K
  • R4 : Resistor 560K
  • C1 : Kapasitor 1 uf/50v
  • C2 : Kapasitor 47 uf/50v
  • C3 : kapasitor 4,7 uf/50v
  • VR : Variabel Resistor 50K
  • TR : Transistor C828
  • Mic : Mic Condenser

Bagimana menurut anda? Sangat simple untuk anda coba sendiri bukan?

Semua komponen untuk membuat sebuah mic condenser ini dapat dengan mudah anda temukan di tokokomponen elektronika di sekitar anda, ataupun anda beli secara online. Apakah anda ingin segera untuk mencobanya? Jika iya, selamat mencoba.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.