Cara Membuat PlumbingInstalasi Pipa pada Praktik Plumbing

Plumbing. Apakah kamu mengetahui apakah itu plumbing? Bila kamu belum mengetahui arti dari istilah kata yang satu ini, membaca artikel ini merupakan salah satu solusi tepat bagi kamu yang belum mengetahui (dan ingin mencari tahu) tentang apakah itu plumbing serta, tentunya bagaimana cara membuat plumbing.

Cara Membuat Plumbing
Cara Membuat Plumbing

Cara Membuat Plumbing

Definisi Singkat dan Cara Praktis Membuat Plumbing

Baik, tak perlu mengulur waktu lebih lama lagi. Pertama-tama saya akan memberi tahu kamu mengenai definisi plumbing. Plumbing adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya penyediaan air bersih untuk suatu hunian.

Termasuk dengan cara pengelolaannya supaya hunian tersebut selalu memiliki pasokan air bersih yang cukup dan air kotornya tetap mengalir ke sistem pembuangan kota agar lingkungan senantiasa terjaga dari air limbah.

Nah, setelah kamu mengetahui definisi dari plumbing tersebut, sesuai dengan janji saya diawal perjumpaan artikel ini berikutnya saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat plumbing. Mari kita simak bersama.

Langkah Membuat Plumbing

1. Kamu harus menyesuaikan dan memahami betul keselarasan antara denah hunian

Denah plumbing dan diagram isometrik beserta perkiraan air bersih yang dibutuhkan. Supaya kamu lebih mudah memahami cara perhitungannya saya akan memberi kamu salah satu contoh analisa perhitungan kebutuhan air bersih, sebagai berikut :

a. Perkiraan jumlah penghuni.

Untuk mengetahui jumlah penghuni gedung kamu bisa menggunakan rumus seperti ini : perbandingan luas lantai yang efektif ×luas bangunan gedung.

b. Perhitungan pemakaian air bersih.

Pemakaian air bersih rata-rata per hari untuk suatu gedung dapat dihitung dengan cara sebagai berikut : jumlah penghuni × pemakaian air bersih rata-rata per hari.

2. Setelah semua denah dan perhitungan sudah jelas, maka selanjutnya yang perlu kamu siapkan untuk membuat plumbing adalah menyediakan semua peralatan dan perlengkapannya.

Contohnya:

  • Pipa dan sambungan pipa yang telah ditetapkan pada HASS 294, contoh pipa utama yang kamu perlukan adalah PIPA Galvanis, PIPA UPVC (Unplastized Polyvinyl Chloride) dan PIPA PPR (Polypropylene Random). Penyambung pipanya : socket, elbow, bend, tee stuck, reduce elbow, reduce socket, barrel union, dop, plug, stop kran, kran, bushis, hexagonal nipple. Adapun beberapa cara penyambungan pipa dapat menggunakan uliran, lem/ perekat khusus, pengelasan, sistem flens, sistem beel dan spigot (ring karet).
  • Pompa, macam-macam peralatan seputar pemasangan instalasi yang sering dibutuhkan adalah GTW/ Ground Water Tank, P.A.B, RTW/ Roof Water Tank, Sand Filter, P. Booster, CF/ Carbon Filter.
  • Instalasi Deep Well yaitu alat untuk pengeboran.
  • Dan alat-alat material lainnya seperti pancuran kolam, pancuran tanaman, pantry, janitor, bak cuci tangan, pancuran mandi, kloset, dll (disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep yang akan kamu inginkan).

3. Tips pemasangan instalasi plumbing untuk penyediaan air bersih:

  • Pemasangan instalasiplumbingdi dalam rumah langkah pengaplikasiannya setelah pemasangan bata selesai.
  • Pemasangan instalasi plumbing yang terletak di luar rumah, sebaiknya dikerjakan setelah plesteran selesai.
  • Pemasangan instalasi plumbing yang melalui pelat dak, kolom beton/ balok sebaiknya dipasang secara sparing sebelum proses pengecoran dilakukan.
  • Instalasi plumbing yang telah selesai dipasang pada posisi yang tepat harus segera ditutup dengan dop/ plug yang kuat.
  • Seyogianya kamu menghindari knik/ belokan pipa plumbing dari daerah pembakaran.
  • Posisi instalasi plumbing yang diletakkan di kamar mandi lebih baik disesuaikan dengan saniter.

Instalasi plumbing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pembangunan sebuah huniannya. Maka dari itu, perencanaan dan perancangan sistem instalasi plumbing sebaiknya diaplikasikan secara bersamaan dengan proses perencanaan dan perancangan hunian.

Selalu perhatikan dengan teliti korelasi dan keselarasan antar bagian-bagiannya.

Bagaimana? Mudah dan praktis kan ternyata cara membuat plumbing itu?

Makanya, sekarang sudah tidak perlu lagi menyewa orang mahal- mahal untuk mendesainkan instalasi plumbing hunianmu. Coba buat sendiri instalasi plumbing hunianmu supaya kamu bisa membuatnya sesuai dengan keinginanmu. Selamat mencoba.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *