Kamu Bisa Membuat Power Bank Sendiri, Loh! Simak Cara Membuat Power Bank ini!

Cara membuat power bank ~ Memang, saat ini penggunaan gawai terbilang sangat liar, tiap menit kita selalu mengecek layar. Entah apa yang dilihat, namun keinginan untuk lepas dari alat sebesar telapak tangan dewasa terbilang sulit.

Bila daya habis, kita merasa bingung soal di mana tempat yang menyediakan pengisian daya listrik atau stop contact 220 AC. Namun, perkembangan zaman tidak buta akan hal tersebut, Power bank sebagai daya cadangan sengaja dibuat untuk memenuhi sebagian masyarakat yang tak bisa lepas dari gawai.

Selain mempermudah pengisian, Power bank bermanfaat di saat penting, seperti menelepon orang tua yang ternyata baterai gawai habis, Power bank siap memberikan daya cadangan. Pada pertemuan kali ini, cara membuat Power bank akan saya bahas untuk kamu yang bersedia meluangkan waktu membuat.

Baca Juga :  Transistor penguat RF ( Radio Frequency) jenis 2SC1946

Cara Membuat Power Bank

Komponen dan Alat yang Dibutuhkan Sewaktu Membuat Power Bank

Pada artikel yang membahas cara membuat Power bank, kamu harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang perlu dipersiapkan sewaktu membuat.

Pada dasarnya sistem Power bank terdiri atas tiga bagian utama, yaitu Charging yang berfungsi sebagai pengisi baterai Power bank, Storage Capacity, berfungsi sebagai penyimpanan baterai Power bank dengan satuan mAh. Dan Converting yang merupakan proses penyesuaian tegangan masukan ke gawai, rata-rata gawai membutuhkan tegangan masukan untuk charging sebesar 5 Volt.

Baca Juga :  Induktansi dan Karakteristik Fisik

Di bawah ini saya lampirkan alat dan komponen yang kamu butuh kan saat membuat Power bank di rumah. Alat dan komponen tersebut mudah kamu temukan di toko elektronik.

  1. Baterai rechargeable. Kamu bisa membelinya sesuai kebutuhanmu, tetapi biasa digunakan sebanyak empat buah.
  2. Kabel USB charger.
  3. AVO meter
  4. IC Voltage Regulator 7805
  5. Kapasitor Elco 470uF
  6. Kapasitor 1uF
  7. Diode 1N4001 atau sejenisnya
  8. USB female plug soket konektor, dan
  9. PCB
Baca Juga :  Cara Efektif Menekan Tagihan Listrik Di Hotel

Teknis Membuat Power Bank

Saat ingin membeli baterai, usahakan memilih baterai rechargeable karena saat daya habis, kamu bisa mengisinya kembali (charging). Pada output-nya berupa Converter DC to DC yang dihubungkan ke gawai atau smartphone.

Terdapat dua pilihan, yaitu baterai pararel yang tegangannya akan tetap, meski kapasitas arus dapat ditarik oleh beban yang semakin besar dan baterai seri yang tegangannya akan bertambah, namun kapasitas arus dapat ditarik beban akan bersifat tetap.

Cara Membuat Power Bank
Cara Membuat Power Bank

Yang perlu kamu lakukan setelah melihat skema cara membuat Power bank di atas adalah menghubungkan bagian Vcc (+) ke kabel merah, lalu hubungkan bagian gnd (-) ke kabel hitam.

Dioda yang terdapat pada rangkaian memiliki fungsi sebagai pengatur untuk menghindari arus balik, sehingga baterai tetap aman. tanpa kapasitor, Power bank yang kamu buat tidak akan bermasalah dan rangkaian tetap bekerja, tetapi untuk menjaga IC Regulator agar bekerja dengan baik bila diberi beban.

Sebaiknya kamu pasang kapasitor yang memiliki fungsi lain sebagai smoothing. LM7805 merupakan IC Regulator yang berfungsi untuk mengonversi tegangan yang masuk menjadi 5 Volt. Syaratnya, tegangan input ke 7805 harus lebih besar dari 5 Volt.

Jangan sampai tegangan keluaran di bawah 5 Volt karena LM 7805 akan turun juga, yang disebut drop voltage. Perhatikan pada bagian tegangan keluaran dari 7805, silakan hubungkan ke kapasitor Elco 1uF, kemudian kamu perlu menghubungkan (+) ke pin VCC dan (-) ke pin GND female USB plug soket yang terdiri atas empat kaki.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *