Cara Membuat Router di Virtualbox Melalui Windows XP

Cara membuat router di virtualbox sebenarnya sangat mudah. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menghubungkan komputer asli dengan komputer virtual. Kebetulan software virtual machine yang saya gunakan kali ini adalah virtualbox.

Cara Membuat Router Di Virtualbox
Cara Membuat Router Di Virtualbox

Cara Membuat Router Di Virtualbox

Tahap Awal Membuat Router di Virtualbox

Cara membuat router di virtualbox dimulai dari komputer asli (Host) dan komputer virtual (Guest) nantinya akan saling berhubungan laiknya pada jaringan sebenarnya.

Pada percobaan yang saya lakukan kali ini hanya mengubah satu komputer Host dan satu komputer Guest, yang berarti saya akan membuat jaringan peer to peer. Perbedaan terletak pada kegiatan saya yang tidak berkutat dengan hardware, melainkan penuh menggunakan software.

Langkah-langkah Membuat Router di Virtualbox

Pada ulasan di bawah ini akan saya tuliskan beberapa langkah membuat router di virtualbox yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

1. Membuat client dan server

Di servernya silakan jadikan menjadi 2 adapter, sedangkan yang pertama silakan kamu jadikan sebagai bridge adapter. Pada bagian adapter 2 dijadikan host-only adapter, sedangkan untuk client kamu jadikan host-only adapter.

Bisa juga kamu membuka pada virtualbox, lalu setting DEBIAN, kemudian silakan memilih network atau jaringan, pada adapter 1 centang kontak yang terdapat tulisan “ Nyalakan Adapter 1”, lalu pilih Attached to yang tertera tulisan “Bridge Adapter”.

Selanjutnya kamu mengisi name-nya sesuai dengan jenis Wi-Fi atau LAN yang kamu gunakan.

2. Memilih adapter 2

Silakan mencentang kotak yang tertera tulisan “Nyalakan Adapter”, lalu pilih Attached to yang terdapat tulisan “Jaringan Internal”. Dan klik OK.

3. Menyalakan DEBIAN yang sudah terinstal

Pertama-tama yangperlu kamu lakukan adalah mengisi IP Address dengan perintah nano/ etc/ network/ interfaces, lalu tekan ENTER dan sisi IP-nya. Soal IP, silakan kamu isi sendiri dan setelah terisi silakan tekan CTRL + X, kemudian tekan Y dan tekan ENTER.

4. Restart

Dengan perintah: etc/ init.d/ networking restart, lalu silakan tekan ENTER. Setelah kamu mengecek IP dengan perintah ifconfig –a

Selanjutnya kamu isi IP DNS-nya dengan perintah nano/ etc/ resolv.conf:

  • nameserver 192.168.1.1
  • nameserver 192.168.2.254
  • nameserver 192.168.2.254
  • nameserver 202.134.0.55
  • nameserver 8.8.8.8

nameserver yang 1 kamu masukkan IP modem, nameserver yang 2 silakan mengisi IP default wirless, dan nameserver yang 3 kamu isi dengan DNS Speedy), dan silakan tekan CTRL + X, lalu tekan Y dan tekan ENTER.

5. Aktifkan ip_forward

ip_forward=1 dengan perintah: nano/ etc/ sysctl.conf, maka kamu akan mencari bacaan ip_forward=1 dan hilangkan tanda pagar (#) yang ada di depan. Menghilangkan tanda pagar (#) berfungsi untuk menonaktifkan program. Kemudian tekan CTRL + X dan tekan Y, tekan ENTER.

6. Mengonfigurasi firewall

Dengan perintah: nano/ etc/ rc.local, kamu isi di atas Exit0 iptables –t nat –A POSTROUTING –s 192.168.3.0/24 –j MASQUERADE. Tekan CTRL + X , tekan Y, dan tekan ENTER. Jangan lupa ping ke 192.168.1.1 (ip modem speedy), ping 192.168.2.254 (ip default wireless.

Kalau kamu tidak menggunakan wireless tak perlu dibuat) dan yang terakhir adalah ping ke google.com.

7. Me-replay lewat Windows XP yang ada di virtualbox-mu

Klik Start di kiri bawah, lalu pilih control panel, network and internetconnection, dan pilih network connection lagi.

8. Pilih use the following ip address

  • Ip address: 192.168.3.12
  • Subnet mask: 255.255.255.0
  • Default gateway: 192.168.3.253
  • DNS Server: 192.168.1.1
  • DNS Alternatife: 202.134.0.55.

9. Buka command promp

Ping 192.168.1.1, ping 192.168.2.254, dan ping 8.8.8.8. Kemudian buka browser jika berhasil masuk ke google atau plaza.

Semoga informasi tentang cara membuat router di virtualboxmemberikan manfaat untukmu. Sekian dari saya dan terima kasih. Selamat mencoba.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *