Kiat-kiat Membuat Setrum Ikan Menggunakan CDI Motor Bekas

Kebiasaan jaman dulu beda dengan kids jaman now! Dulu… mencari ikan di sungai yang airnya mengalir demikian jernih dan tenang, atau pun di rawa-rawa terasa amat menyenangkan. Sayang, perkembangan zaman membuat kebiasaan yang pernah saya lakukan bersama Bapak, kini mulai hilang. Eh, tapi kamu masih memiliki kemungkinan untuk memanfaatkan alat-alat sederhana dan barang bekas untuk dijadikan alat untuk mendapatkan ikan. Lewat artikel ini, seperti yang Bapak saya lakukan dulu: membuat setrum ikan, akan saya uraikan cara membuat setrum ikan dengan CDI motor.

Baca Juga :  Resistor, jenis, fungsi dan karakternya

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor

Komponen yang Diperlukan

Cara membuat setrum ikan dengan CDI motor sebenarnya tidaklah sulit. Bahan dan alat yang kamu butuh kantidak terlalu banyak dan mudah ditemukan di sekitar tempat tinggalmu. Pada paragraf ini akan saya informasikan komponen atau bahan yang diperlukan untuk membuat setrum ikan dari CDI motor.

  • Platina atau pun kamu bisa menggunakan CDI motor bekas sebagai pemicu gagal.
  • Akumulator atau ACCU10 Ah. Saya sarankan 2 ACCU agar alat ini bekerja maksimal
  • Saklar, berfungsi untuk menyalakan dan mematikan saluran ACCU yang menuju ke spool
  • Kondensator, berfungsi sebagai filter atau peredam percikan yang tinggi, dan
  • Stik atau jaring, berfungsi sebagai output dari rangkaian setrum ikan.
Baca Juga :  Pemahaman arus listrik

Setelah kamu menyediakan seluruh bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat setrum ikan, kini kamu harus beralih untuk menyimak skema rangkaian setrum ikan di bawah ini. Skema sengaja saya berikan agar mempermudah kerjamu dalam membuat alat setrum ikan menggunakan CDI motor bekas.

Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor
Cara Membuat Setrum Ikan Dengan CDI Motor

Langkah-langkah Membuat Setrum Ikan dari CDI Motor Bekas

Cara membuat setrum ikan dengan CDI motor (capasitor discharge ignition) lebih praktis karena kamu bisa melihat dan mengontrol voltase dan frekuensi yang dikeluarkan oleh rangkaian tersebut. Jika semua sudah selesai, ikuti langkah membuat coil atau kumparan untuk setrum ikan ini.

  • Langkah pertama yang kamu siapkan adalah inti besi lunak, lantas silakan lapisi inti besi tersebut menggunakan prespan atau plastik mika. Bila kamu tidak memiliki plastik mika, bis membeli atau menggantinya dengan kertas semen bekas. Setelah selesai, gulung kawat email menggunakan susunan yang rapi tanpa celah di bagian inti besi lunak yang sudah kamu lapisi prespanSetelah gulungan sampai ujung, kamu perlu melapisinya kembali dengan prespandi bagian atas, lalu gulung kawat email kembali. Ulangi proses ini hingga 3 lapis dan dua ujung kawat dapat digunakan sebagai terminal kumparan primer.
  • Langkah kedua, yaitu menggulung kawatemail yang baru di atas lilitan primer. Soal cara, jangan ragu karena tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya, meski jumlah lapisan kamu buat lebih banyak mencapai 5 hingga 56 lapis. Dan kedua ujung kumparan tadi digunakan sebagai terminal coil
  • Perihal besar-kecil ukuran kawat email sangat berpengaruh terhadap output yang dihasilkan. Oleh sebab itu, dalam proses pelilitan kamu perlu mengukur terlebih dahulu tegangan maupun arus outputrangkaianyang telah kamu buat menggunakan bantuan multimeter atau pun lampu bohlam.
  • Sering kali ukuran kawat email yang kamu gunakan sebagai kumparan primer berdiameter 0,6 mm. Berbeda dengan ukuran kawat email sekunder yang berdiameter 0,9 mm. jika kamu ingin mengubah output, bisa dilakukan menggunakan cara mengganti besar diameter kawat email yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhanmu
Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *