Memilih Saklar dan Memasang Lampu Yang BenarAbi Blog

Cara Memilih dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar

Saklar lampu memang sepele, akan tetapi jika Anda tidak memperhatikan dengan baik memilih saklar dan cara pemasangan-nya. Tentu akan membuat listrik di rumah Anda menjadi boros dan bohlam atau lampu lebih cepat rusak.

Dengan memperhatikan kabel dan saklar yang memenuhi standar nasional, maka Anda telah menghemat 20 persen pemakaian listrik. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips memilih dan memasang saklar yang baik dan benar.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Pengaman Rangkaian Listrik Yang Perlu Anda Ketahui
Cara Memilih Saklar dan Memasang Lampu Yang Benar
Cara Memilih dan Memasang Saklar Lampu Yang Benar

Tips Memilih Serta Memasang Saklar dan Kabel yang Benar

1. Memilih Saklar Berlogo SNI

Logo mungkin penting, tapi bukan satu-satunya patokan. Memang sebaiknya Anda membeli Saklar ber-logo SNI, namun yang lebih penting pilihlah. Saklar yang dibuat dari bahan mika, lalu pastikan konektor-nya paling tidak terbuat dari bahan kuningan.

2. Memilih Kabel Berlogo SNI

Sebisa mungkin belilah Kabel ber-logo SNI, apabila lampu yang akan digunakan memerlukan daya yang cukup tinggi. Maka  sebaiknya, gunakanlah kabel kawat yang memiliki isolasi tebal.

3. Buat Desain atau Rancangan Sebelum Memasang Saklar

Buatlah rancangan atau skema letak, sebelum saklar lampu dipasang. Apabila Anda sudah memiliki gambaran, maka langkah selanjutnya hitung panjang kabel yang akan di perlukan untuk proses pemasangan saklar.

4. Buat Jalur Kabel yang Akan Dipasang

Pertama tama mulailah pemasangan Kabel dari bagian atap terlebih dahulu, kemudian lanjutkan pada dinding rumah dan sesuaikan dengan posisi sakelar dan lampu yang telah ditentukan.

5. Ketinggian Ideal Saklar

Posisi lampu di plafon harus sesuai agar dapat menerangi seluruh ruangan tersebut, ketinggian minimal dalam pemasangan Saklar lampu adalah satu setengah meter dari lantai. Sehingga sulit dijangkau oleh anak-anak.

6. Mengecek Nyala Lampu

Inilah langkah terakhir, yakni mencoba nyala lampu. Apabila lampu menyala dengan terang dan konstan, itu artinya pemasangan Anda berhasil dan benar. Apabila lampu tidak menyala, cobalah periksa apakah kabel fuse atau nyala saat di tespen.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli Saklar dan Kabel untuk instalasi listrik di rumah Anda. Anda juga bisa menambahkan kabel pipa pralon untuk menjaga agar kabel lebih aman dan tahan lama.

Dengan menambahkan kabel pipa pralon, maka kabel saklar Anda akan terhindar dari panas matahari dan curah hujan, serta gangguan binatang. Semoga bahasan kali ini memberi Anda pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.

Loading...
loading...
The following two tabs change content below.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Latest posts by Abi Royen (see all)

Buat Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *