Bagaimana Sih Cara Memilih Spek Komputer Yang Baik?!

Siapa pun orangnya yang sedang hendak membeli komputer, apalagi apesnya isi dompet juga sedang kurang bersahabat pastinya mudah sekali tergiur dengan iklan tersebut. Nah, agar kamu bisa tetap mendapatkan komputer yang murah namun tetap berkualitas, syaratnya adalah dengan mengetahui cara memilih spek komputer yang baik.

Sebelum membeli suatu keperluan seyogyanya kamu selalu mengecek secara detail kondisinya. Pastikan masih dalam kondisi yang prima. Apalagi, komputer merupakan produk yang harganya tidak murah kan guys. Maka dari itu kamu perlu memastikan kondisi komputer sebelum membelinya, termasuk mengecek spesifikasinya.

Baca Juga :  Kiat-kiat Membuat Setrum Ikan Menggunakan CDI Motor Bekas
Cara Memilih Spek Komputer Yang Baik
Cara Memilih Spek Komputer Yang Baik

Cara Memilih Spek Komputer Yang Baik

Menjadi Pembeli Komputer yang Cerdas

Sebagai pembeli, kita jangan terlalu mudah termakan oleh iklan maupun rayuan manis penjual. Meskipun tidak harus berprasangka buruk juga kepada penjual maupun iklan, namun untuk langkah preventif dan demi mendapatkan komputer yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu wajib mengetahui cara memilih spek komputer yang baik.

Harapannya, setelah membeli komputer tersebut kamu tidak perlu lagi repot-repot bolak balik ke tukang servis komputer. Karena ternyata komputer yang sudah terlanjur kamu beli memiliki beberapa kerusakan yang memang sudah ada dan tidak terdeteksi pada saat membeli.

Kiat-Kiat Memilih Spek Komputer yang Baik

Tak perlu tunggu lagi guys. Di bawah ini akan langsung saya jelaskan secara singkat informasi tentang kiat-kiat memilih spek komputer yang baik untuk kamu yang masih kurang paham mengenai seluk beluk komputer.

Yuk, simak bersama.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih motherboard yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhanmu. Saran saya lebih baik kamu pilih motherboard yang sudah mendukung Hard Disk SATA dan tersedia beberapa slot. Kedua, pastikan RAM DDR2 (memori), slot ekspansi untuk kartu grafis, slot PCI dan mother board saling mendukung serta dapat dilakukan upgrading sewaktu-waktu pada prosesornya bila memang diperlukan.
  • Untuk langkah selanjutnya adalah kamu sebaiknya memilih prosesor komputer versi terbaru. Contohnya Pentium 4 Hyper-Threading (HT), Pentium D, Dual Core atau Core 2 Duo. Bisa juga kamu membeli komputer dengan prosesor intel kelas Celeron 2,66 GHz. Namun prosesor Celeron ini memiliki kelemahan multi-tasking/ penurunan kinerja aplikasi. Berbeda dengan Pentium E2140 1.6GHz (Dual Core) atau Pentium 4 631 yang mempunyai kecepatan sampai 3.0 GHz HT. Ada lagi nih… salah satu jenis prosesor yang serupa dengan prosesor dual core namun telah dikurangi beberapa spesifikasinya. Yaitu prosesor berlabel E2xxx yang dibangun oleh micro-arsitektur Core. Contohnya, FSB 800 MHz, L2 Cache hanya 1 MB dan tidak mendukung virtualisasinya tapi terdapat aplikasi overclock yang bisa membuatmu takjub.

Bagaimana guys? dari beberapa informasi tentang cara memilih spek komputer yang baik tadi. Apakah sudah mulai ada gambaran komputer seperti apa yang akan kamu pilih? Segera tentukan ya, supaya nanti setibanya di toko kamu sudah tinggal menyesuaikan dengan harganya saja?!

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *