Memilih Spesifikasi Komputer untuk Kebutuhan Sehari-hari

Diposting pada

Namun di zaman serba canggih dan serba cepat seperti saat ini, adanya komputer memberi dampak yang luar biasa hebat bagi beberapa macam pekerjaan. Tidak hanya itu, banyak orang mulai memahami tentang seluk-beluk komputer termasuk ke perangkat yang ada di dalamnya. Tidak sedikit juga masyarakat yang awam atau kurang tahu tentang spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, pada pertemuan kali ini saya akan mengulas tentang cara memilih spek komputer yang bisa kamu sesuaikan dengan pekerjaan atau pun kebutuhan.

cara memilih spek komputer
Cara memilih spek komputer

Cara memilih spek komputer

Memilih Spesifikasi Komputer: Processor

Seperti yang sudah saya katakana tadi, cara memilih spek komputer yang pertama adalah menentukan fungsi utama komputer yang akan kamu gunakan. Hal ini menjadi patokan utama untuk langkah selanjutnya. Jika kebutuhanmu sekadar olah data yang fungsinya cukup sederhana, kamu memilih spesifikasi yang sedang-sedang saja.

Perbedaan fungsi dan kebutuhan akan menentukan spesifikasi sederhana dengan komputer multimedia yang dituntut untuk memiliki spesifikasi kelas atas. Memilih spesifikasi komputer akan menentukan fungsi komputer yang kamu ingin atau butuh kan. Langkah yang kedua adalah memilih jenis prosesor yang akan menjadi “otak” di dalam komputermu.

Baca Juga :  Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Seperti kalimat awal di paragraf kedua, pilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dari masing-masing prosesor memiliki kelebihan sendiri dan saya akan menyarankan untuk memilih prosesor dual core. Jika kamu memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan komputer multimedia, lebih baik menggunakan prosesor dual core atau triple core (AMD).

Jika kamu menggunakan komputer untuk bermain game, saya sarankan untuk mengunakan prosesor quad core atau spesifikasi yang lebih tinggi.

Baca Juga :  Cara Menghemat Listrik Pada Penggunaan AC

Menentukan Komponen Penunjang Lainnya

Bila kamu sudah menentukan langkah di atas, memperhatikan kapasitas hard disk yang akan digunakan sebagai ruang penyimpanan data pada komputer memiliki peran penting.

Seperti langkah sebelumnya: menentukan fungsi utama komputer, agar menyesuaikan kapasitas antara 800 GB untuk fungsi mult8imedia dan 300 GB hingga 500 GB untuk fungsi sederhana.

Cara memilih spek komputer selanjutnya adalah memperhatikan RAM pada CPU. Bila kamu menggunakan komputer hanya untuk pekerjaan sederhana, silakan memilih CPU yang RAM-nya 2 GB DDR3 1 keping, sedangkan untuk komputer multimedia silakan memilih RAM 4GB DDR3 dual channel (2GB 2x).

Baca Juga :  Kekurangan dan Kelebihan Windows 10 serta Cara Memaksimalkan Kinerjanya

Khusus untuk CPU yang menggunakan prosesor Intel, silakan menggunakan 1 keping. Jika fungsi komputer kamu gunakan untuk game, pilih CPU yang RAM-nya 8GB DDR3 dual channel.

Oh iya, jangan lupa untuk memperhatikan VGA. Hal ini sangat penting kamu lakukan karena VGA berfungsi menampilkan gambar pada layar monitor.

Semakin bagus kartu VGA, kualitas gambar atau pun grafik akan makin pula.

Loading...
loading...
Gambar Gravatar
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.