Merakit Komputer Sendiri? Kenapa Tidak

Mendapatkan komputer dengan hasil yang sesuai dengan keinginan adalah dengan cara memilih spesifikasi komputer rakitan yang tepat. Beberapa komponen PC yang kamu dapatkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Jika kamu belum yakin soal komputer rakitan, yuk baca artikel ini yang membahas memilih spesifikasi komputer rakitan.

Cara Memilih Spesifikasi Komputer Rakitan Yang Tepat
Cara Memilih Spesifikasi Komputer Rakitan Yang Tepat

Cara Memilih Spesifikasi Komputer Rakitan Yang Tepat

Menyesuaikan Komputer Rakitan dengan kebutuhan atau Fungsi

Hal pertama yang pantas kamu lakukan sebelum beranjak ke cara memilih spesifikasi komputer rakitan yang tepat adalah menyesuaikan kebutuhan dengan komputer rakitan. Hal ini saya sarankan karena amat penting agar komputermu bisa mendukung pekerjaan bahkan hobi lewat game yang terpasang pada PC.

Penunjang Spesifikasi Komputer Rakitan

Pada paragraf ketiga, saya akan menuliskan beberapa poin penting yang harus kamu penuhi saat merakit komputer agar berjalan maksimal. Komponen-komponen tersebut seperti:

  1. Processor atau otak komputer. Untuk merakit komputer, saya sarankan untuk memilih processor Dual Core atau Triple Core (AMD) untuk pekerjaan sederhana (mengetik, menonton film, dan lain sebagainya) dan Quad Core untuk pekerjaan multimedia.
  2. Motherboard yang berfungsi sebagai bagian inti untuk menggawangi seluruh komponen komputer. Jangan asal-asalan dalam memilih motherboard karena kamu perlu menyesuaikan dengan processor-nya.
  3. Hard Disk sebagai ruang penyimpanan data di komputer perlu kamu perhatikan. Untuk pekerjaan yang sederhana, silakan memilih hard disk berkapasitas 300GB hingga 500GB, sedangkan untuk pekerjaan multimedia pilih hard disk berkapasitas di atas 800GB.
  4. RAM. Perhatikan frekuensi, latency, dan faktor-faktor lain yang menentukan kapasitas RAM. Pekerjaan sederhana minimal RAM yang kamu gunakan sekitar 2GB DDR3 1 keping, sedangkan pekerjaan multimedia minimal 4GB DDR3 dual channer (2GB 2×) atau pun RAM minimal 8GB DDR3 dual channel.
  5. VGA. Pilih kualitas atau kapasitas VGA yang besar (bagus) agar memberikan kualitas terbaik pada gambar di layar monitor, serta memberikan keunggulan grafik pada pekerjaan multimedia.
  6. Power Supply. Memiliki fungsi sebagai pemberi atau pemasok daya komputer. Pilih power supply yang berkualitas agar komputer rakitanmu bertahan lama.

Bagaimana, sudah menentukan komponen untuk merakit komputermu? Semoga informasi tentang cara memilih spesifikasi komputer rakitan yang tepat memberikan manfaat untukmu. Sekian dari saya dan terima kasih.

Cukup sekian informasi tentang cara memilih spesifikasi rakitan komputer yang saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Sekian dari saya dan selamat mencoba.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *