Cara Memilih Spesifikasi Komputer Terbaik dari Motherboard dan Processornya

Cara Memilih Spesifikasi Komputer Terbaik kali ini mudah-mudahan bisa membantu kamu menemukan spek komputer terbaik ya?! Namun, tahukan kamu jika pengetahuan tentang spesifikasi hardware komputer dan harga yang saat ini sedang berkembang, bisa saja kamu membeli komputer dengan harga lebih murah.

cara memilih spesifikasi komputer terbaik
Cara memilih spesifikasi komputer terbaik

Cara Memilih Spesifikasi Komputer Terbaik

Caranya adalah dengan merakit komputer sesuai keinginan. Yang perlu kamu siapkan adalah waktu yang relatif lama karena memerlukan proses pemilihan dari satu komponen ke komponen lainnya dan harus mengikuti perkembangan harga.

Nah, pada perjumpaan kali ini saya akan mengulas cara memilih spesifikasi komputer terbaik untukmu yang masih belum bisa mendapatkan.

Jangan Asal-asalan Memilih Komputer!

Bagaimana sih memilih spesifikasi komputer terbaik pun tidak bisa asal-asalan. Kamu perlu menyesuaikan dengan kecocokan antar komponen dan juga kebutuhanmu. Bahwa tidak semua komponen hardware maupun software selalu cocok jika dipasangkan.

Begitu juga dengan spesifikasi komputer yang seringkali memiliki masalah di salah satu bagian. Kamu harus teliti sebelum memutuskan membeli.

Tak jarang komputer yang dijual dibanderol dengan harga yang murah, spesifikasi tinggi, namun terdapat beberapa kelemahan, seperti kapasitas hard disk yang minim atau pun motherboard yang mengalami masalah.

Memilih Spesifikasi Komputer Terbaik

Nah, untuk memastikan semua komponen software dan hardware berjalan mulus atau lancar, silakan mengecek terlebih dahulu. Atau jika kamu kurang mengetahui spesifikasi komputer yang baik untuk kamu dapatkan, artikel ini saya tuliskan untuk memberikan solusi.

1. Memilih motherboard

Kamu bisa memilih motherboard berdasarkan kebutuhan, bisa dari produsen Intel dan AMD. Kedua pabrikan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kamu perlu memastikan kira-kira motherboard yang akan kamu pilih sudah mendukung hard disk SATA dan tersedia beberapa slot. Lalu memastikan RAM DDR2 (memori) yang dimiliki, slot ekspansi untuk kartu grafis, slot PCI-nya, hingga sejauh mana motherboard mendukungmu sewaktu meng-upgrade prosesornya.

2. Memilih Prosesor

Kamu bisa memilih prosesor generasi terbaru, seperti Pentium 4 Hyper-Threading (HT), Pentium D, Dual Core atau Core 2 Duo. Kamu pun bisa membeli komputer dengan prosesor Intel kelas Celeron (Celeron 2,66 GHz).

Meski sewaktu dijalankan dengan banyak aplikasi kinerjanya akan menurun (multi-tasking) jika dibandingkan dengan menggunakan Pentium E2140 1.6GHz (Dual Core) atau Pentium 4 631 berkecepatan 3.0 GHz HT.

Khusus untuk jajaran prosesor berlabel E2xxx yang dibangun dari mikroarsitektur Core (seperti halnya prosesor Core 2 Duo), meski dengan beberapa pengurangan spesifikasi. Contohnya seperti FSB yang hanya 800MHz, L2 cache hanya 1MB, serta tidak mendukung VT (virtualisasi). Namun jika kamu memilih prosesor ini, maka kemampuan overclock-bisa membuatmu terkesima.

Nah, demikianlah informasi tentang cara memilih spesifikasi komputer terbaik, khususnya pada pemilihan prosesor komputer. Semoga artikel ini memberikan jawaban atas pertanyaanmu terkain spesifikasi komputer terbaik. Sekian dari saya dan terima kasih. Sampai jumpa.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *