Cara Memilih Spesifikasi Komputer Yang Baik yang Wajib Kamu Ketahui

Cara memilih spesifikasi komputer yang baik, misalnya bila kamu hanya akan menggunakan komputer untuk pekerjaan sederhana. Contohnya pekerjaan kantoran, searching di internet, atau hanya untuk mengetik di aplikasi Microsoft maka kamu lebih baik membeli komputer dengan spesifikasi yang sederhana saja.

Sebab, mayoritas komputer yang spesifikasinyasimpelcenderung memiliki harga yang cukup terjangkau. Berbeda dengan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi, seperti komputer khusus untuk nge-game atau komputer. Yang digunakan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan bidang desain pastinya harganya cenderung lebih mahal, sebab spesifikasinya pun tak main-main.

Baca Juga :  Menghitung Plumbing Untuk Rumah Hunian Terbilang Mudah, Kok!
Cara Memilih Spesifikasi Komputer Yang Baik
Cara Memilih Spesifikasi Komputer Yang Baik

Cara Memilih spesifikasi komputer yang baik

Hubungan Antar Komponen Komputer

Dalam pembahasan cara memilih spesifikasikomputer yang baik kali ini saya akan lebih menyoroti pada pemilihan komponen komputer, sebab dari komponen yang baik inilah sebuah komputer dapat memaksimalkan kemampuannya.

Ingat, masing-masing komponen merupakan satu kesatuan yang kinerjanya saling mendukung satu sama lainnya. Sehingga bila terdapat salah satu komponen komputer yang bermasalah atau tidak sesuai maka akan mengakibatkan ke-tidak-optimalan kinerja komputer.

Sebab itulah kamu perlu tahu tentang komponen-komponen komputer terlebih dahulu supaya nantinya kamu bisa menentukan spesifikasi komputer yang tepat untuk kebutuhanmu.

Spesifikasi Komputer yang Baik Berdasarkan Komponennya

1. Komponen yang pertama adalah prosesor

Terdapat dua pilihan prosesor yang recommended, yaitu prosesor Intel dan prosesor AMD. Nah, sekarang tinggal sesuaikan saja dengan isi dompetmu guys, dari segi harga prosesor AMD memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan prosesor Intel.

Kamu tidak perlu khawatir, meski harganya lebih murah prosesor AMD memiliki beberapa keunggulan yang tidak kalah canggih dengan prosesor Intel kok. Salah satunya adalah kompabilitas motherboard yang lebih lama dibandingkan motherboard prosesor Intel.

Selanjutnya saya sarankan kamu pilih prosesor dualcore untuk pekerjaan sederhana dan prosesor Quadcore untuk pekerjaan yang agak berat supaya komputermu lebih awet.

2. Komponen yang kedua adalah harddisk/ memori

Fungsi dari komponen ini adalah untuk menyimpan data-data pada komputermu. Di pasaran pun sudah banyak sekali pilihan memori/ harddisk yang tinggal kamu sesuaikan saja kapasitasnya. Seperti merek Samsung, Hitachi, Maxtor, Western Digital, dsb.

Untuk pekerjaan yang sederhana kamu bisa memilih memori yang memiliki kapasitas penyimpanannya 160GB, lalu bisa pilih memori yang memiliki kapasitas 500GB sampai 1TB untuk kebutuhan multimedia.

3. Komponen ketiga adalah VGA

Yang memiliki fungsi sebagai penampil gambar atau grafik pada monitor. Terdapat 3 macam VGA berdasarkan kemampuan dan harganya, yaitu High-end, Mid-end, Low-end.

Semakin tinggi harganya maka semakin tinggi juga kemampuannya dalam menampilkan kualitas gambar dimonitor.

4. Komponen keempat adalah Power Supply

Yang merupakan jantung dari komputer yang berfungsi sebagai pemberi aliran listrik untuk seluruh komponen komputer agar tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

5. Komponen terakhir yang harus kamu pilih dengan baik adalah RAM

Terdapat tiga jenis RAM, yaitu DDR, DDR2 dan DDR3 yang sedang marak dijual di pasaran karena kemampuannya yang lebih kompatibel dengan motherboard.

Bila dilihat dari kemampuan penyimpanannya, RAM yang saat ini sering kita jumpai di toko komputer adalah RAM 512MB, 1GB, 2GB, 4GB sampai RAM 8GB.

Sekian informasi yang dapat saya berikan tentang cara memilih spesifikasi komputer yang baik, terutama pada hal pemilihan komponennya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu ya, guys.

Sampai jumpa.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *