Cara Memilih Spesifikasi Rakitan Komputer Sesuai Dengan Kebutuhan Kamu!

Gimana sih cara memilih spesifikasi rakitan komputer? Untuk mendapatkannya pun terbilang mudah dan murah. Salah satu cara yangsering dilakukan untuk menyesuaikan komputer dengan kebutuhan adalah merakitnya sendiri.

Beberapa komponen PC dapat kamu beli di toko elektronik. Jika kamu masih bingung komponen apa yang digunakan untuk merakit, pada artikel ini akan saya terangkan cara memilih spesifikasi rakitan komputer.

Cara Memilih Spesifikasi Rakitan Komputer

Cara Memilih Spesifikasi Rakitan Komputer

Sesuaikan Kebutuhanmu dengan Komputer Rakitan

Beberapa hal yang patut kamu lakukan sebelum memahami cara memilih spesifikasi rakitan komputer adalah menyesuaikan kebutuhanmu dengan komputer yang akan digunakan. Hal ini sangat penting agar spesifikasi komputer sewaktu kamu gunakan mendukung pekerjaan.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Kipas Angin (Disertai Gambar)

Seperti contoh, kalau kamu menggunakan komputer untuk pekerjaan sederhana, jangan sampai memilih spesifikasi yang tinggi karena akan buang-buang biaya dan fungsi.

Komponen untuk Menunjang Spesifikasi Komputer Rakitan

Di bawah ini saya tuliskan beberapa poin penting yang harus kamu penuhi sewaktu merakit komputer agar berjalan maksimal. Komponen-komponen tersebut terdiri atas:

1. Processor sebagai otak komputer

Pilih processor Dual Core atau Triple Core (AMD) untuk pekerjaan sederhana (mengetik, menonton film, dan lain sebagainya) dan Quad Core untuk pekerjaan multimedia. (desain, game, edit film, dan lain sebagainya).

2. Motherboard

Memilih Motherboard yang berfungsi sebagai bagian inti yang menggawangi seluruh komponen komputer. Memilih Motherboard tidak bisa asal-asalan karena perlu menyesuaikan socket pada prosessornya.

Baca Juga :  Teknis Cara Memasang Plumbing Pipa Untuk Closet di Rumah Berlantai 2

3. Hard Disk

Kapasitas Hard Disk yang digunakan sebagai ruang penyimpanan data pada komputer. Memilih Hard Disk perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsi utama komputer.

Bila kamu gunakan untuk keperluan game atau pun multimedia, saya sarankan untuk memilih hard disk berkapasitas di atas 800GB, sedangkan untuk keperluan sederhana cukup menggunakan hard disk berkapasitas 300GB hingga 500GB.

4. RAM

Kamu perlu memperhatikan frekuensi, latency, dan faktor-faktor lain yang menentukan kapasitas RAM. Bila pekerjaan sederhana (komputer office) minimal RAM yang sesuai 2GB DDR3 1 keping, sedangkan untuk komputer multimedia minimal 4GB DDR3 dual channel (2GB 2x).

Baca Juga :  Memilih Spesifikasi Komputer untuk Kebutuhan Sehari-hari

Bila komputer akan kamu gunakan untuk game, silakan memilih RAM minimal 8GB DDR3 dual channel.

5. VGA

Memilih VGA sangat penting karena menentukan kualitas gambar pada layar monitor. Selain itu, VGA pun memiliki peran dalam keunggulan grafik, apalagi bagi kamu yang menggunakan komputer untuk nge-game.

6. Power Supply

Memiliki peran sebagai pemasok daya komputer. Jika kamu memilih Power Supply berkualitas tentu akan memengaruhi daya tahan dan keawetan komputer rakitanmu.

Cukup sekian informasi tentang cara memilih spesifikasi rakitan komputer yang saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Sekian dari saya dan selamat mencoba.

Loading...
loading...

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.