Cara Memperbaiki Dinamo Motor Listrik & Mengenali Kualitas Dinamo Motor Listrik

Pada perjumpaan kali ini saya akan mengulas tentang cara memperbaiki dinamo motor listrik yang berkaitan dengan mesin listrik statis yang merupakan transformator.

Lebih spesifiknya, kamu akan saya berikan informasi terkait cara memperbaiki dinamo motor listrik. Yang digunakan sebagai pengubah energi listrik menjadi energi mekanik, yaitu putaran.

Cara Memperbaiki Dinamo Motor Listrik
Cara Memperbaiki Dinamo Motor Listrik

Cara Memperbaiki Dinamo Motor Listrik

Memastikan Kondisi Motor Listrik (Dinamo Motor Listrik)

Motor listrik tentu sudah sering kamu jumpai di kehidupan sehari-hari. Di antaranya dan yang paling sering kamu jumpai yaitu pompa air, kipas angin, mesin cuci, mixer, bor, blender, gerinda, dan lain sebagainya adalah jenis motor listrik.

Agar kamu mudah dalam memeriksa kerusakan dan ingin mengetahui cara memperbaiki dinamo motor listrik, misalnya pada pompa air atau kipas angin. Tentu keberadaan motor listrik harus dipastikan kira-kira layak pakai atau tidak.

Langkah Memastikan Dinamo Motor Listrik

Nah, pada beberapa poin di bawah ini merupakan cara yang bisa kamu gunakan saat memperbaiki dinamo motor listrik. Silakan disimak, ya.

1. Mempunyai bodi yang temperaturnya tidak cepat panas.

Syarat ini paling penting dan paling mudah sebelum memperbaiki kelayakan dinamo motor listrik karena tidak memerlukan alat ukur khusus dalam memeriksanya. Kamu cukup meraba dan rasakan temperaturnya.

Namun sebelum memeriksa, saya sarankan agar kamu mengecek terlebih dahulu menggunakan tespen pada bodi dinamo motor listrik. Karena dikhawatirkan terdapat kebocoran arus dan menyebabkan kecelakaan kerja.

Temperatur pada motor listrik menjadi patokan utama dari bagus atau tidaknya sebuah motor listrik.

2. Tidak bersuara berisik

Faktor suara berisik pada dinamo motor listrik disebabkan oleh pergerakan pada poros motor listrik yang bersentuhan langsung dengan bodi dinamo motor listrik. Tempat tersebut merupakan tempat terjadinya proses gesekan antara poros dinamo motor listrik pada bodi motor.

Gesekan tersebut acapkali terjadi di bagian penghubung antara poros dan bodi yang sering disebut bearing atau bos.

Nah, dari dua poin di atas, barangkali kamu sudah mengetahui langkah cara memperbaiki dinamo motor listrik melalui tahapan pengetesan kualitas dari dinamo motor listrik tersebut.

Pada dasarnya perbaikan pada motor listrik bisa menggunakan tacometer yang merupakan pengukur putaran pada pompa motor listrik Dan hitungan dari hasil pengukurannya adalah Rate Rotation Motor (RPM).

Silakan kamu hubungkan ujung pengukur pada tacometer dengan bagian poros (rotor) pada motor listrik yang hendak diukur dan diperbaiki. Lalu lihat hasil pengukuran dan sesuaikan dengan bagan yang tertera.

Loading...
loading...
Dua tab berikut mengubah konten di bawah ini.
Saya bekerja di sebuah perusahaan Marine Service di Batam, aktivitas saya setiap hari selain melakukan kegiatan pokok di perusahaan juga menulis di blog, membangun web. Saya nge-blog sejak 2009 dan merupakan hobi sekaligus saya berbagi pengalaman.

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *